Kesehatan / Wawasan / Bahaya Kolesterol Tinggi dan Cara Mencegahnya

Bahaya Kolesterol Tinggi dan Cara Mencegahnya

Sahabat belovers, pada artikel sebelumnya kita sudah membahas fungsi dan jenis-jenis kolesterol dalam tubuh. Kolesterol dalam kadar normal bisa menjadi sahabat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun, pada kadar berlebihan kolesterol bisa menjadi musuh yang mengancam nyawa Anda. Oleh karena itu, jangan pernah abaikan kelebihan kolesterol dalam tubuh.

sumber gambar: www.pengobatanstroke.info

sumber gambar: www.pengobatanstroke.info

Sebelumnya mari kita ketahui apa penyebab kolesterol tinggi. Penyebab utama kolesterol tinggi adalah konsumsi makanan berlemak berlebihan, kurang konsumsi makanan berserat dan jarang olahraga. Gaya hidup tidak sehat seperti merokok, konsumsi junk food, soft drink dan minuman beralkohol juga berpotensi akan memperburuk keadaan. Karena, kebiasaan buruk tersebut berpotensi meningkatkan kadar kolesterol (LDL) dan menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah.

Mengapa kita perlu mewaspadai kolesterol tinggi? Karena kolesterol tinggi sangat berbahaya bagi kesehatan. Kolesterol berlebih dalam darah dapat menyebabkan penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah arteri yang dikenal dengan istilah aterosklerosis. Aterosklerosis terjadi karena adanya penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah arteri secara terus menurus. Penumpukan lemak ini terjadi tanpa disadari oleh penderitanya, karena tidak menimbulkan rasa sakit.

Lama kelamaan penumpukan kolesterol tersebut membentuk plak di dindiing arteri. Jika plak terus bertambah, maka pembuluh arteri akan menyempit. Aliran darah dalam pembuluh tersebut terhambat. Hal inlah yang dapat memicu terjadi stroke dan serangan penyakit jantung koroner. Sebagaimana kita ketahui, penyakit jantung koroner dan stroke merupakan penyebab kematian tertinggi dewasa ini.

Oleh karenaa itu, jangan pernah remehkan kelebihan kolesterol dalam darah. Karena bahaya kolesterol tinggi berpotensi merenggut kesehatan dan nyawa kita. Nah selanjutnya belovers tentu pengen tau bukan, bagaimana cara untuk mencegah kelebihan kolesterol? Sebagai penutup tulisan ini blogekstra.com akan membagikan tips mudah untuk mencegah kelebihan kolesterol dalam darah, yaitu:

Pertama, mengurangi konsumsi makanan berlemak atau berkolesterol tinggi. Berikut adalah daftar makanan yang diketahui mengandung kolesterol tinggi yang perlu dikurangi konsumsinya, yaitu: susu sapi, keju, mentega, daging, jeroan, otak sapi, junk food, gorengan, makanan bersantan, kulit ayam, kuning telor, sea food dan jenis makanan berlemak lainnya.

Kedua, perbanyak konsumsi makanan berserat. Serat makanan diketahui bermanfaat menyerap kelebihan kolesterol dalam darah. Sehingga, kadar kolesterol dalam darah tetap normal dan tubuh terhindari bahaya kolesterol tinggi. Serat makanan banyak terdapat pada sayuran dan buah. Nah, belovers mulai sekarang jangan pernah segan untuk mengkonsumsi sayur dan buah yaaa!

Ketiga, perbanyak olah raga dan aktivitas fisik. Sudah tidak diragukan lagi bahwa aktivitas fisik sangat bermanfaat untuk membakar lemak dalam tubuh. Untuk bergerak, tubuh membutuhkan energi yang lebih banyak dari pada ketika diam. Energi tersebut diperoleh dari hasil metabolisme makanan. Ketika energi dari hasil metabolisme makanan sudah habis, maka tubuh akan mengambil energi dari lemak trigliserida yang disimpan di bawah kulit. Dengan demikian aktivitas olahraga bermanfaat untuk menurunkan penumpukan lemak dalam tubuh. Karenanya jangan pernah abaikan olahraga setiap hari.

Keempat, menghentikan kebiasaan buruk yang berpotensi meningkatkan kadar kolesterol LDL dalam darah. Seperti kebiasaan merokok, kebiasaan mengkonsumsi junk food, soft drink, minuman beralkohol dan lainnya. Kolesterol LDL dalam darah seringkali menumpuk dan menimbulkan plak pada pembuluh darah arteri.

Demikian informasi ringkas tentang bahaya kolesterol tinggi dalam darah. Semoga bermanfaat!

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...