Kesehatan / Informasi / Bahaya Asam Urat Tinggi

Bahaya Asam Urat Tinggi

Asam urat tinggi merupaka kondisi di mana produksi asam urat dalam tubuh terlalu tinggi (> 7 mg/dl). Kondisi ini berpotensi menimbulkan berbagai gangguan terhadap organ-organ penting dalam tubuh, seperti persendian, ginjal, jantung dan pembuluh darah. Penyakit asam urat (artritis goat) hanyalah salah satu  dari beberapa gangguan tersebut.

Sebelumnya mari kita lihat terlebih dahulu siklus asam urat dalam tubuh manusia. Asam urat merupakan hasil pemecahan dari zat purin. Baik yang berasal dari tubuh maupun yang diperoleh dari asupan makanan yang dikonsumsi.  Selanjutnya, asam urat akan beredar dalam darah menjalankan fungsinya sebagai antioksidan dan membantu proses regenerasi sel.  Sementara kelebihan asam urat akan dibuang melalui saluran pencernaan dan saluran kemih.

Asam urat dalam darah memiliki sifat mudah mengkristal. Ketika kadar asam urat dalam darah melebihi ambang batas normal, maka proses pembuangan asam urat melalui saluran pencernaan dan saluran kemih akan terganggu. Akibatnya, asam urat menumpuk dan lama kelamaan akan mengendap menjadi kristal-kristal asam urat. Kristal-kristal asam urat ini akan menumpuk pada organ-organ tubuh tertentu. Pada umumnya banyak terjadi pada daerah persendian. Namun, tidak menutup kemungkinan juga penumpukan kristal-kristal asam urat ini terjadi di organ-organ tubuh lainnya. Penumpukan kristal-kristal asam urat di area persendian ini yang berpotensi menyebabkan timbulnya peradangan pada sendi. Inilah yang kemudian kita kenal dengan nama penyakit asam urat (artritis goat).

Baik, sekarang mari kita lihat gangguan kesehatan yang mungkin terjadi akibat penumpukan kristal-kristal asam urat pada tubuh. Berdasarkan lokasi penumpukan asam urat tersebut, maka gangguan organ yang mungkin ditimbulkan adalah sebagai berikut:

  • Area Persendian berpotensi menimbulkan penyakit asam urat (radang sendi)

Inilah yang paling sering terjadi pada orang-orang yang memiliki kadar asam urat tinggi. Umumnya, ketika kadar asam urat dalam darah melebihi 9-10 mg/dl, maka pengkristalan asam urat akan sangat mudah terjadi. Penimbunan krista-kristal asam urat pada area persendian akan menimbulkan reaksi peradangan di area tersebut. Reaksi peradangan ini tidak jarang menyebabkan timbulnya gejala bengkak kemerahan pada daerah persendian tersebut. Gejala ini terkadang juga disertai dengan rasa nyeri. Rasa nyeri biasanya timbul jika kristal asam urat menumpuk dalam cairan sendi.

  • Ginjal berpotensi menimbulkan gejala batu ginjal

Kadar asam urat yang terlalu tinggi (> 13 mg/dl) berpotensi menyebabkan terhambatnya proses pembuangan asam urat melalui urin. Akibatnya, asam urat menumpuk terlalu lama di area ginjal. Asam urat yang terlalu lama menumpuk akan mengendap dan membentuk kristal-kristal asam urat. Lama kelamaan kristal-kristal ini akan menyatu, menumpuk dan akhirnya terbentuklah batu ginjal.

  • Jantung berpotensi menimbulkan gangguan jantung

Jangan remehkan kadar asam urat dalam darah kita. Karena kadar asam urat yang terlalu tinggi dan berlangsung lama berpotensi menyebabkan gangguan pada jantung.  Bagaimana hubungan asam urat dan jantung? Diduga, kristal asam urat yang terbentuk dari penumpukan asam urat dalam darah dapat merusak endotel atau pembuluh koroner. Jadi, orang yang memiliki kadar asam urat tinggi berpotensi besar terserang penyakit jantung koroner dan stroke.

  • Jaringan lunak berpotensi menimbulkan benjolan pada daun telinga, kelopak mata dan area jaringan lunak lainnya.

Demikian secara umum bahaya kadar asam urat tinggi dalam tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat!

 Referensi:

Sutanto, T. 2013. Asam Urat, Deteksi, Pencegahan, Pengobatan. Yogyakarta: Buku Pintar.

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

2 comments

  1. Artikelnya top, bermanfaat untuk masyarakat banyak.
    Salam dari : Rahasia Awet Muda, Kulit Wajah Kencang, Cara Memutihkan Kulit, Cara Merawat Wajah, Cara Cantik Alami.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...