Kesehatan / Informasi / Bagaimana Cara Mengobati Varises yang Efektif?

Bagaimana Cara Mengobati Varises yang Efektif?

Bagaimana cara mengobati varises yang efektif? Sebelum menjawab pertanyaan ini mari kita kembali menyamakan persepsi tentang varises. Ketika mendengar kata ‘varises’ apa yang terlintas di pikiran Anda? Tentunya di pikiran Anda akan terlintas bayangan benjolan yang berkelok-kelok berwarna kehijauan yang membayang di permukaan kulit tungkai kaki bukan? Ya, varises paling umum ditemukan di area tungkai. Meski tidak menutup kemungkinan juga ditemukan di area tubuh lainnya.

Varises  terjadi karena adanya pelebaran dan penambahan jumlah pembuluh darah balik (vena) yang berlebih. Sehingga pembuluh darah balik terlihat dengan jelas membayang dari luar. Meski jarang yang menimbulkan rasa sakit, namun varises sangat mengganggu. Karena dapat mengurangi keindahan area tubuh yang mengalami varises.

Oh ya, sebelumnya ada baiknya kita terlebih dahulu mengenal dua jenis varises berdasarkan tempat terjadinya. Pertama varises permukaan, yaitu varises yang terletak p

Gambar: caraperempuan.com

Gambar: caraperempuan.com

ada tungkai dekat dengan permukaan kulit. Pada varises jenis ini, gejala varises terlihat dengan jelas dari permukaan kulit. Sehingga dapat mengganggu keindahan kulit. Sedangkan varises jenis kedua adalah varises dalam, yakni varises yang terletak pada tungkai bagian dalam dan gejalanya tidak telihat dari luar. Namun, varises jenis ini dapat menimbulkan rasa pegal dan nyeri berkepanjangan pada tungkai.

Nah, sekarang kembali pada pertanyaan di awal. Bagaimana cara mengobati varises yang efektif? Memang hingga sejauh ini belum ada obat minum yang bisa benar-benar menyembuhkan varises. Adapun beberapa jenis obat minum untuk varises yang ditemukan di apotek hanya berfungsi untuk memperlancar peredaran darah. Tidak sampai benar-benar mampu menghilangkan gejala varises dari tubuh penderitanya.

Namun Anda jangan khawatir, meski belum ada obat minum yang bisa menyembuhkan varises namun masih ada jalan menuju kesembuhan bagi penderita varises. Bagaimana caranya? Menurut dr. Dewi Inong Irana, SpKK di rubrik Konsultasi Kecantikan Majalah UMMI, saat ini sudah ada teknik pengobatan terbaik untuk mengobati varises. Pengobatan terbaik untuk mengatasi varises pada tungkai ini dikenal dengan istilah Skeroterapi. Skeroterapi adalah teknik pengobatan yang dilakukan dengan menyuntikkan bahan kimia (larutan garam khusus konsentrasi tinggi) langsung ke dalam pembuluh darah yang mengalami varises. Teknik pengobatan ini dilakukan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin yang sudah terlatih dan memiliki setifikasi khusus pengobatan varises atau oleh dokter spesialis bedah vaskuler (pembuluh darah). Jadi, teknik pengobatan Skeroterapi tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Sebab, resikonya sangat fatal jika dilakukan dengan teknik yang salah.

Gambar: www.liputan6.com

Gambar: www.liputan6.com

Teknik Skeroterapi diketahui sangat efektif untuk mengatasi varises. Umumnya gejala varises akan menghilang setelah 2 hingga 6 minggu setelah injeksi larutan garam pertama pada teknik pengobatan Skeroterapi ini. Pada beberapa kasus dibutuhkan injeksi ulang sebanyak 2-3 suntikan lagi dalam jeda enam minggu untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna.

Masih menurut dr. Dewi Inong Irana, SpKK., varises yang diobati dengan Skeroterapi insya Allah tidak akan kambuh lagi. Namun demikian varises baru tetap bisa muncul di tempat lain. Jadi, Anda harus tetap waspada akan kemungkinan munculnya varises baru pada pembuluh darah balik yang lain. Untuk itu tetap lakukan upaya pencegahan. Oleh karena itu, baca juga Tips Mencegah Timbulnya Varises Pada Tungkai.

Sejauh ini Skeroterapi adalah teknik pengobatan varises yang paling efektif dan aman selama dilakukan dengan benar. Namun, Skeroterapi sebaiknya tidak dilakukan pada penderita yang sedang hamil, sakit gula, penderita penyakit sumbatan pembuluh darah, hepatitis dan penderita AIDS.

Nah Belovers, demikianlah cara mengobati varises yang efektif. Semoga bermanfaat!

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...