Kesehatan / Herbal / 5 Tanaman Obat untuk Mengatasi Asam Urat

5 Tanaman Obat untuk Mengatasi Asam Urat

Tanaman obat untuk mengatasi asam urat – Pola hidup yang tidak sehat seringkali memicu timbulnya berbagai masalah kesehatan di usia muda. Salah satunya adalah asam urat. Dewasa ini gejala asam urat cenderung mulai banyak menyerang penderita di usia produktif. Hal ini tentu saja sangat berpotensi menghambat produktivitas kerja dari penderitanya. Nah, Anda tentu tidak ingin mengalami hal seperti ini bukan?

Mencegah tentu lebih baik dari pada mengobati. Terutama bagi Anda yang punya riwayat keturunan yang menderita penyakit asam urat. Mulailah dengan membudayakan pola hidup sehat. Perhatikan pola konsumsi makanan. Periksa kadar asam urat darah secara rutin, agar bisa mengontrolnya sedini mungkin.

Menurunkan asam urat tidak perlu dengan mengkonsumsi obat-obatan kimia dari dokter. Cukup dengan memanfaatkan tanaman obat yang ada di sekitar Anda. Berikut adalah informasi tentang 5 jenis tanaman obat untuk mengatasi asam urat.

Mengkudu

Mengkudu (Morinda citrifolia), di Indonesia dikenal sebagai tanaman obat. Ciri khas buahnya yaitu mengeluarkan bau khas yang menyengat. Sehingga kurang menarik untuk dikonsumsi. Padahal buah mengkudu dikenal memiliki kandungan nutrisi yang lengkap.

Buah mengkudu dikenal memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Khasiat buah mengkudu tersebut antara lain sebagai antibakteri, antidiabetes, antimalaria, antiarthritis dan mengurangi sifat toksik pada obat.

Untuk mengobati asam urat buah mengkudu dikonsumsi dalam bentuk jus. Berikut adalah cara untuk membuat ramuan buah mengkudu untuk mengobati asam urat:

Buah mengkudu yang sudah bersih dikupas, lalu dipotong-potong dan dicuci hingga bersih. Masukkan potongan buah mengkudu dalam blender, tambahkan gula/madu dan air secukupnya. Kemudian blender dan saring. Ramuan diminum sebanyak satu kali sehari.

Kumis Kucing

Kumis kucing (Orthosiphon aristatus) dikenal sebagai tanaman asli Indonesia. Kumis kucing merupakan jenis tanaman obat yang dikenal memiliki ragam manfaat. Secara umum tanaman kumis kucing berkhasiat sebagai antioksidan, anti inflamasi, peluruh kemis, penghancur batu ginjal, penghancur kristal asam urat dan anti bakteri.

Untuk mengobati asam urat, kumis kucing terlebih dahulu direbus. Kemudian air rebusannya disaring dan didinginkan. Air rebusan daun kumis kucing diminum setiap pagi hari.

Kayu Manis

Kayumanis (Cinnamomum burmani) lebih populer sebagai rempah dan pemberi aroma pada makanan dan minuman. Bahkan dewasa ini juga dimanfaatkan sebagai bahan pembuat parfum. Ternyata kayu manis juga memiliki efek farmakologis, sehingga dibutuhkan dalam dunia pengobatan.

Menurut pakar pengobatan herbal, Prof. Hembing Wijayakusuma, kayu manis berkhasiat mengobati berbagai macam penyakit. Seperti asam urat, hipertensi, asam lambung, sakit kepala, masuk angin, kembung, diare, hernia, susah BAB, sariawan dan sakit kuning.

Untuk mengobati asam urat, kayu manis tidak dikonsumsi begitu saja. Melainkan harus dibuat ramuan terlebih dahulu bersama bahan-bahan lain, seperti biji pala, kapulaga, cengkeh, ubi jalar merah, merica dan jahe merah.  Semua bahan direbus dalam air hingga air rebusannya tinggal 1/3. Tambahkan susu cair dan air ramuan diminumkan pada penderita.

Daun Salam

Daun salam biasanya digunakan sebagai penyedap masakan. Aromanya sangat khas dan segar, memberikan cita rasa tersendiri dalam masakan. Ternyata, daun salam bukan penyedap makanan biasa. Daun salam juga memiliki banyak manfaat farmakologis, diantaranya yaitu untuk mengobati asam urat.

Bagian tanaman yang digunakan sebagai obat asam urat adalah daunnya. Adapun cara menggunakannya sangat sederhana sekali. Cukup dengan merebus 5-10 lembar daun salam segar dalam 5 gelas air bersih. Kemudian air rebusannya diminum setiap 2-3 kali sehari.

Mahkota Dewa

Siapa yang tidak kenal mahkota dewa? Tanaman asli Papua ini dikenal sebagai tanaman obat yang berkhasiat mengobati berbagai penyakit, termasuk asam urat. Untuk mengobati asam urat, mahkota dewa harus dibuat dalam bentuk ramuan obat terlebih dahulu. Berikut adalah cara mudah untuk membuat ramuan herbal untuk mengobati asam urat:

Siapkan bahan-bahan ramuan yaitu daging buah mahkota dewa (5 gram), akar sidaguri kering (15 gram), sambiloto kering (10 gram) dan air (5 gelas). Semua bahan direbus dengan api sedang hingga air rebusan hanya tersisa 3 gelas saja. Angkat, kemudian dinginkan dan saring. Ramuan diminum tiga kali sehari. Masing-masing satu gelas sebelum makan.

Demikian 5 jenis tanaman obat untuk mengatasi asam urat. Semoga bermanfaat!

Penulis: Neti Suriana

Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...