Kesehatan / Herbal / 5 Manfaat Daun Bawang Bagi Kesehatan

5 Manfaat Daun Bawang Bagi Kesehatan

Manfaat daun bawang bagi kesehatan – Anda tentu tidak asing lagi dengan daun bawang bukan? Daun bawang sering digunakan oleh kaum ibu sebagai penyedap masakan. Biasanya ditaburkan pada masakan berkuah menjelang matang. Selain menguatkan rasa, daun bawang juga memberikan aroma khas pada masakan.

Daun Bawang

gambar: wikipedia.com

Ternyata, selain sebagai penyedap masakan daun bawang juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Daun bawang memiliki kandungan nutrisi yang kaya. Kandungan mineral sulfur pada daun bawang merupakan antioksidan yang baik bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaat daun bawang bagi kesehatan tubuh manusia? Berikut kita akan membahas lima manfaat mengkonsumsi daun bawang tersebut bagi kesehatan:

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daun bawang mengandung senyawa yang disebut allicin. Allicin merupakan senyawa sulfur yang mengeluarkan bau menyengat pada daun bawang. Senyawa ini merupakan antioksidan yang bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada manusia.

Sebagai Antibiotik Alami

Daun bawang bersifat antibakteri dan anti inflamasi. Karenanya, dalam tubuh daun bawang berperan mengatasi serangan patogen yang masuk dalam tubuh. Dengan kata lain daun bawang merupakan obat antibiotik alami dalam tubuh.

Meningkatkan Kandungan Sel Darah Merah

Ada dua senyawa penting yang kandungannya cukup tinggi dalam daun bawang, yaitu zat besi dan ferroportin. Zat besi berperan penting dalam meningkatkan kandungan sel darah merah. Sementara, kandungan ferroportin bermanfaat untuk mengeluarkan zat besi dari dalam sel-sel darah. Jadi, konsumsi daun bawang secara cukup bisa menjadi sarana terapi anemia bagi tubuh.

Menyehatkan Jantung

Kandungan polysulfides pada daun bawang bermanfaat untuk menyehatkan sistem kasdiovaskuler. Selain itu daun bawang juga mengandung mangan. Mangan merupakan mineral yang berperan dalam menjaga ketersediaan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh manusia. Kandungan dua mineral inlah yang menjadikan daun bawang bermanfaat menyehatkan jantung dan mencegah munculnya serangan serangan stroke.

Mengatasi Infeksi Gastrointestinal

Apa itu infeksi gastrointestinal? Infeksi gastrointestinal adalah salah satu jenis infeksi pencernaan. Biasanya ditandai dengan gejala mual dan muntah pada penderita. Nah, salah satu manfaat daun bawang bagi kesehatan adalah mengatasi gejala serangan infeksi gastrointestinal ini.

Demikianlah lima manfaat daun bawang bagi kesehatan tubuh yang dikutib dari rubrik ‘Kuliner Torial’ harian pagi Riau Pos. Semoga bermanfaat!

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...