Kesehatan / Ibu dan Anak / 5 Manfaat ASI yang Perlu Anda Tahu

5 Manfaat ASI yang Perlu Anda Tahu

Memberikan ASI (Air Susu Ibu) ekslusif pada bayi sangat dianjurkan. Hal ini tidak lain karena manfaat ASI yang sangat ekslusif juga bagi bayi. Bahkan dalam agama (islam) pun, seorang ibu sangat ditekankan agar menyusui bayinya selama dua tahun. Ya, ASI merupakan anugerah khusus yang dihadiahkan untuk bayi.

Gambar: sygmadayainsani.co.id

Gambar: sygmadayainsani.co.id

 Aspek Gizi

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang kandungan gizi dan senyawa penting ASI. Dari sana terlihat bahwa ASI merupakan sumber nutrisi lengkap untuk menunjang pertumbuhan bayi. Jadi, jika seorang ibu memberikan ASI secara cukup pada bayi, khususnya pada enam bulan pertama tidak perlu khawatir dengan asupan gizi bayinya. Karena kebutuhan gizi bayi insya Allah sudah terpenuhi dari konsumsi ASI tersebut.

 Aspek imunologik

Selain aspek gizi bayi yang terjamin dengan pemberian ASI, ternyata ASI juga bermanfaat untuk meningkatkan imunitas, kekebalan atau daya tahan tubuh bayi terhadap serangan penyakit.

Berikut adalah beberapa keistimewaan dan manfaat ASI dari aspek imunologi, yaitu:

  • ASI selain higienis dan bebas kontaminasi juga mengandung zat anti infeksi.
  • Kolostrum ASI mengandung Immunoglobulin A (Ig.A) dalam kadar yang cukup tinggi. Ig.A ini bekerja melumpuhkan serangan bakteri patogen E. Coli dan berbagai virus dalam jaringan pencernaan.
  • Mengandung sejenis protein yang berfungsi mengikat zat besi pada saluran pencernaan. Jenis protein ini sering juga disebut dengan laktoferin.
  • Memiliki kandungan lysosim 300 kali lebih tinggi dari susu sapi. Lysosim adalah enzim yang melindungi tubuh bayi dari serangan bakteri (seperti E. coli dan Salmonela) dan virus.
  •  Kandungan sel darah putih dalam ASI terutama 2 minggu pertama sangat tinggi. Lebih dari 4000 sel darah putih per mil ASI. Seperti kita ketahui, sel darah putih merupakan salah satu faktor penunjang kekebalan tubuh. Sel darah putih berfungsi melawan bakteri dan benda asing yang masuk dalam jaringan tubuh.
  • ASI juga mengandung faktor bifidus yaitu sejenis karbohidrat yang mengandung nitrogen. Faktor bifidus ini berfungsi menunjang pertumbuhan bakteri Lactobacillus bifidus, yaitu sejenis bakteri yang berfungsi menjaga keasaman usus bayi. Sehingga,pertumbuhan bakteri jahat dalam usus dapat ditekan seminimal mungkin.

 Aspek Kecerdasan

Seperti sudah diuraikan di atas, ASI mengandung zat gizi lengkap yang sangat menunjang pertumbuhan dan kecerdasan bayi. Selain itu, interaksi dan hubungan psikologis yang terjalin antara ibu dan bayi juga berpengaruh positif terhadap perkembangan kecerdasan anak. Beberapa penelitian modern juga berhasil mengungkapkan bahwa perkembangan IQ bayi yang diberi ASI jauh lebih baik dari pada bayi yang tidak diberi ASI.

 Aspek Neurologik

Aktivitas menyusu bagi bayi akan melatih koordinasi syaraf menghisap, menelan dan pernapasan bayi terjadi seimbang dan sempurna.

Aspek Psikologi

Secara psikologi aktivitas menyusui antara ibu dan bayi menumbuhkan beberapa manfaat diantaranya yaitu:

  • Menumbuhkan kasih sayang dan kontak batin antara ibu dan anak.
  • Kontak fisik antara ibu dan bayi akan menumbuhkan rasa aman, nyaman dan puas bagi bayi. Sehingga perkembangan psikologisnya akan tumbuh dengan baik.

 Nah, demikian 5 manfaat ASI pada bayi yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

One comment

  1. Foto Profil dari reandrra46

    cool.. its a good article to a lot of woman out there who think about its okay to feeding their baby from factory milk. In fact, breastfeeding have a massive nutrition for your baby while you cant get it from the factory made no matter how expensive it is.
    Well maybe some suggest from me for the next article is how to produce breastfeeding for woman after giving birth…
    ciao

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...