Kesehatan / Pola Hidup / 5 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Kesehatan

5 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Kesehatan

Kesehatan merupakan salah satu nikmat Tuhan yang terbesar dalam hidup kita. Tubuh yang sehat adalah aset yang tak ternilai harganya. Karena itu, sudah selayaknya kita menjaga aset ini sebaik mungkin. Sayangnya, terkadang sadar atau tidak kita justru merusak kesehatan itu dengan mudah melalui kebiasaan-kebiasaan buruk setiap hari. Tahukah Anda kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan? Nah, berikut dalam artikel ini akan dibahas 5 kebiasaan buruk tersebut.

Merokok

tipskesehatan.web.idsumber foto: www.tipskesehatan.web.id

Merokok merupakan salah satu kebiasaan buruk yang seringkali dibanggakan. Tidak terkecuali oleh para remaja produktif. Menurut mereka, merokok bisa menghilangkan suntuk dan icon lelaki sejati. Duh, apa mereka tidak sayang dengan kesehatan tubuh sendiri ya? Hey…tak hanya diri sendiri yang berpotensi dirusak lo. Merokok juga bisa membahayakan orang lain yang ada di sekitar Anda. Dan mereka itu adalah orang-orang terdekat Anda sendiri, yaitu teman, saudara, anak dan istri. Karena merekalah orang-orang yang selalu dekat dengan Anda, dan tanpa sadar ikut menghirup asap rokok Anda. Lelaki sejati mustahil mau mengorbankan orang-orang yang dicintainya hanya demi kesenangan sesaat.

Jadi, bagi Anda para perokok aktif cobalah bertekad untuk berhenti merokok saat ini juga. Karena dengan berhenti merokok, sesungguhnya Anda sudah menyelamatkan kesehatan diri dan orang-orang yang ada di sekitar Anda.

Kurang Tidur

Terkadang dengan alasan pekerjaan dan kesenangan, seringkali kita mengorbankan waktu istirahat. Padahal tubuh juga butuh istirahat. Tidur yang cukup sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Karena pada saat tidur –khususnya malam hari—proses regenerasi sel berjalan optimal.

So, bagi Anda yang terlalu sering bergadang, kurangilah kebiasaan tersebut.

Kurang Olah Raga

Olah raga seringkali dilalaikan oleh sebagian orang. Padahal, olah raga sangat penting bagi kesehatan tubuh. Karena, dengan berolahraga sirkulasi darah menjadi lebih lancar dan kulit akan tampak lebih cerah. Karena distribusi oksigen dalam pembuluh darah berlangsung optimal.

Berlebihan dalam Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Instan

Makanan instan dan minuman instan memang enak dengan berbagai rasa yang ditawarkannya. Namun, ketahuilah, makanan dan minuman instan tidak sehat bagi tubuh. Makanan ini banyak mengandung penyedap rasa, pengawet dan pewarna sintetis yang kurang baik bagi kesehatan. Sebaiknya, mulai sekarang hindarilah konsumsi makanan seperti ini. Ganti camilan Anda dengan buah-buahan segar yang jauh lebih sehat dan alami.

Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

Tidak dinafikkan lagi bahwa makanan dan minuman yang mengandung alkohol berdampak buruk bagi kesehatan fisik dan mental. Jadi, alkohol tidak hanya merusak tubuh Anda secara fisik. Akan tetapi juga kesehatan mental dan spritual Anda. So, mengkonsumsi makanan/minuman beralkohol, masa depan Anda menjadi taruhannya! Mau?

Demikian lima kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan dan perlu dihindari. Agar kualitas kesehatan dan hidup kita lebih baik ke depannya.

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...