Kesehatan / Informasi / 5 Fungsi Air bagi Tubuh Manusia

5 Fungsi Air bagi Tubuh Manusia

Fungsi air bagi tubuh manusia – coba bayangkan seandainya dalam satu hari kita tidak mengkonsumsi air, bagaimana jadinya? Pasti tubuh kita terasa lemas bukan? Air merupakan salah satu komponen terpenting bagi tubuh. Konon, menurut para ahli kesehatan tubuh membutuhkan air dalam jumlah yang jauh lebih banyak dari komponen zat makanan lainnya. Karena, hampir 60% s/d 75% komposisi tubuh manusia adalah air.

kliktodaySumber foto: www.kliktoday.com

Namun demikian air dalam tubuh manusia tidak tersimpan dalam waktu yang lama. Dalam tubuh air senantiasa bergerak mengikuti sistem metabolisme tubuh, kemudian keluar dalam bentuk urine, keringat dan uap. Oleh karena itu, kita harus senantiasa rutin mengkonsumsi air setiap waktu. Agar kebutuhan air tubuh senantiasa tersedia.

Anda pasti pernah merasakan haus bukan? Nah, itu adalah alarm dari tubuh bahwa komposisi air dalam tubuh mulai berkurang. Jadi, Anda harus segera mengkonsumsi air dalam jumlah yang cukup. Agar tubuh kembali segar dan dahaga hilang.

Mengkonsumsi air dalam jumlah cukup bukan sekedar urusan menghilangkan dahaga saja. Akan tetapi ini menyangkut berlangsungnya fungsi air bagi tubuh. Pertanyaannya kemudian adalah apa sih fungsi air bagi tubuh manusia? Berikut adalah lima fungsi vital air yang perlu diketahui.

Detoksifikasi

Apa yang dimaksud dengan detoksifikasi? Detoksifikasi adalah proses mengeluarkan atau membuang racun dari dalam tubuh manusia melalui organ organ sekresi (pembuangan) pada tubuh. Dalam tubuh, air dalam jumlah cukup berfungsi membersihkan tubuh dari racun-racun berbahaya yang masuh bersama makanan. Racun-racun tersebut akan dibersihkan dalam organ pembersih seperti hati dan ginjal. Kemudian dikeluarkan dari tubuh melalui air seni, keringat dan pernafasan. Jika racun-racun sudah terbuang maka tubuh akan lebih sehat. Sebaliknya, jika racun-racun tersebut menumpuk dalam tubuh, maka berbagai penyakit akan muncul karena kinerja organ tubuh akan terganggu. Selain itu, racun-racun tersebut juga berpotensi merusak organ tubuh.

Membantu Proses Pencernaan

Air sangat besar peranannya dalam proses pencernaan.  Air berperan penting dalam membantu kerja-kerja organ pencernaan, terutama dalam usus. Dalam organ usus harus tersedia cukup air, agar proses penggilingan/pencernaan makanan berlangsung dengan baik. Jika dalam usus tidak tersedia cukup cairan, maka usus akan menyerap cairan dari zat-zat buangannya. Inilah yang salah satu faktor penyebab sembelit. Tinja yang keluar dari tubuh menjadi kering, karena cairannya diserap kembali oleh usus besar untuk menjaga ketersediaan air dalam usus.

Memperlancar Sirkulasi Darah

Fungsi air bagi tubuh manusia lainnya adalah untuk menjaga kelancaran sirkulasi darah. Kurangnya asupan air dalam darah berpotensi menyebabkan darah menjadi lebih kental dari normalnya. Sehingga sirkulasi darah menjadi terhambat.

Melembabkan Organ-organ Tubuh

Tubuh yang kekurangan air akan terlihat dari performa organ luar tubuh. Kekurangan cairan menyebabkan organ tubuh mengempis. Yang paling ketara tampak pada kulit tubuh yang tampak kering dan kusam. Hal, yang sama juga terjadi pada organ-organ tubuh yang lain.

Menyeimbangkan Suhu Tubuh

Fungsi vital air lainnya bagi tubuh adalah untuk menjaga keseimbangan suhu tubuh. Contohnya, ketika tubuh berada pada suhu dingin, maka tubuh akan sedikit mengeluarkan cairan. Sebaliknya, ketika berada di lingkungan yang panas, tubuh akan banyak mengeluarkan keringat. Ini merupakan salah satu bentuk respon tubuh untuk menyeimbangkan suhu tubuh dengan suhu lingkungan. Pada kondisi seperti ini, tubuh membutuhkan asupan cairan lebih banyak dari kondisi normal.

Jadi, jangan remehkan rasa haus yang muncul. Karena itu adalah alarm dari tubuh bahwa ketersediaan air dalam tubuh sudah berkurang. Konsumsi air bagi orang dewasa minimal 8-10 gelas per hari, tergantung pada suhu lingkungan tentunya. Yuk penuhi kebutuhan air tubuh, agar fungsi air bagi tubuh berjalan sebagaimana mestinya. Tubuh tetap segar dan sehat tentunya.

Penulis: Neti Suriana

Neti Suriana
Author, content writer, blogger

2 comments

  1. Infonya lengkap. Anakku waktu kecil juga suka sakit2an karena suka lupa minum pak. Makanya berasa banget pentingnya air

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...