Kesehatan / Informasi / Inilah 4 Kebiasaan Sehat di Pagi Hari

Inilah 4 Kebiasaan Sehat di Pagi Hari

Ada tiga fakta tentang waktu pagi yang menginspirasi saya untuk menuliskan artikel kebiasaan sehat  di pagi hari. Pertama, waktu pagi adalah waktu di mana kualitas udara yang kita hirup berada pada level terbaik. Kedua, waktu pagi adalah waktu di mana tubuh kita berada dalam kondisi masih fresh dan bugar. Karena baru bangkit dari istirahat malam yang cukup. Ketiga, waktu pagi adalah waktu dimana kondisi pikiran dan hati kita masih fresh.

Tiga fakta ini meyakinkan saya bahwa kita harus mampu mengoptimalkan potensi waktu pagi ini untuk meningkatkan kualitas hidup kita. Terutama kualitas kesehatan fisik dan mental dengan baik. Jangan pernah menyia-nyiakan waktu pagi. Bahkan agama (khususnya islam) pun mengajarkan bahwa Tuhan menurunkan keberkahannya di waktu pagi.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan kualitas kesehatan fisik dan mental kita perlu membudayakan 4 kebiasaan sehat ini secara konsisten:

Bangun Sebelum Subuh

Pertama biasakanlah untuk bangun sebelum subuh. Saya tidak akan menjelaskan manfaat bangun sebelum subuh berdasarkan teori kesehatan, karena saya bukan orang kesehatan. Akan tetapi, saya akan menjelaskan manfaat bangun sebelum subuh berdasarkan fakta yang diungkap sebelumnya.

Bangun sebelum subuh memungkinkan kita lebih awal untuk membuka pintu dan jendela rumah. Rumah kita lebih awal dialiri oleh udara segar yang baik untuk kesehatan tubuh terutama jantung dan paru-paru. Selain itu, bangun lebih awal juga memungkinkan kita beraktivitas lebih awal. Sehingga, kita tidak perlu terburu-buru mempersiapkan berbagai hal untuk menyambut aktivtas harian. Anda juga akan punya waktu cukup untuk olahraga, menyiapkan sarapan, bercengkrama dengan keluarga bahkan melakukan berbagai perawatan tubuh yang diinginkan.

Olahraga Ringan

Lakukan olahraga ringan di pagi hari untuk melenturkan otot-otot kita yang telah melewati masa istirahat panjang malamnya. Tidak perlu olahraga berat yang membutuhkan peralatan mahal. Cukup lari-lari kecil, jalan cepat atau joging di sekitar kompleks rumah. Misalnya setelah sholat subuh di masjid, ambil jalan memutar yang agak jauh dari rumah. Jadi, jalan kaki pulang ke rumah bisa dijadikan sebagai sarana untuk olah raga.

Sarapan Sehat

Banyak diantara kita yang suka mengabaikan sarapan pagi, termasuk saya. Padahal sarapan sebenarnya sangat penting bagi kesehatan. Sarapan tidak harus dengan makanan berat. Bahkan, para pakar food combining menyarankan agar kita membiasakan sarapan buah setiap paginya. Karena, vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah akan lebih mudah diserap oleh tubuh pada saat perut kosong. Selain itu buah berfungsi sebagai detoksifikasi yaitu membantu mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh. Asyiknya lagi kalau sarapan buah kan kita tidak perlu repot-repot masak hehe… (mental malasnya keluar J)

Positif Thinking

Terakhir, bangun pikiran positif dalam diri kita sejak pagi. Pagi hari umumnya suasana hati dan pikiran kita masih netral. Jadi, akan lebih mudah bagi kita untuk mensettingnya pada waktu tersebut. Jika kita sudah mensetting pikiran positif sejak pagi, maka insya Allah hal itu akan mempengaruhi suasana hati dan pikiran kita sepanjang hari.

Demikian beberapa kebiasaan sehat di pagi hari yang sebaiknya dibudayakan dalam keluarga kita. Semoga keluarga kita selalu sehat dan bugar.

Penulis: Neti Suriana

Foto Profil dari Neti Suriana
Author, content writer, blogger

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...