Kesehatan / Alternatif / Ramuan Tradisional Mengobati Tekanan Darah Tinggi

Ramuan Tradisional Mengobati Tekanan Darah Tinggi

            Sering kali akhir-akhir ini, penyakit darah tinggi menyerang kita dan masyarakat sekitar terutama orang dewasa yang berumur 40 tahun ke atas. Penyakit yang sangat berbahaya dan 85% akan menyebabkan kematian. Tekanan darah tinggi ini biasanya disebabkan karena timbul stress, berat badan diatas normal (kegemukkan), banyak berfikir berat, kurang berolahraga, banyak makan makanan yang kadar lemaknya tinggi dan minum minuman keras. Hal ini perlu adanya antisipasi dan pencegahan agar tekanan darah tinggi tidak tumbuh dan menggerogoti tubuh kita.

             Tekanan darah tinggi bisa ditunjukkan ketika kita mengukur dengan tensimeter yang mana darah kita diatas 140. Biasanya gejala pertama yang muncul ketika tekanan darah tinggi ada di tubuh kita yaitu, selalu merasakan pusing, sakit kepala, mudah untuk marah, susah tidur, detakan jantung tidak normal (berdebar), sakit pinggang, pegal-pegal. Ini yang perlu kita ketahui.

             Setiap penyakit yang tumbuh pasti ada penyebabnya. Ada beberapa penyebab penyakit darah tinggi tumbuh. Diataranya: karena faktor keturunan, pengaruh dari lingkungan yang anarkis, kebanyakkan meminum obat kimia, gangguan jantung. Ini perlu kita waspadai. Namuan ada cara untuk merawat dan pencagahannya yaitu dengan banyak istirahat, jangan banyak makan yang menyebabkan darah tinggi. seperti daging kambing, susu, makanan yang asin, kopi dan terutama rokok. Tapi banyaklah makan sayur-sayuran dan buah-buahan dan berolahraga secara teratur setiap pagi.

             Jika penyakit tekanan darah tinggi sudah menjalar di tubuh, hindari untuk mengkonsumsi obat kimia terlalu banyak. Boleh kita periksa ke dokter namun sekedarnya saja. Alangkah baiknya kita membuat ramuan sendiri dari bahan alam dan tradisional agar tidak menimbulkan ketergantungan dan kebanyakkan ramuan tradisional manjur untuk mencegah dan menghilangkan tekanan darah tinggi.

            Ini ada beberapa resep dan ramuan tardisional yang bisa kita buat terutama kepada orang yang mempunyai tekanan darah tinggi:

  1.  Ambil kunir secukupnya. Parut halus lalu saring untuk diambil airnya. Dapat ditambahkan gula batu atau gula jawa atau bisa juga madu. Minum pagi dan sore secara rutin.
  2. Ambil buah pace yang sudah masak 1-2 buah. Caranya dengan diperas lalu disaring untuk diambil airnya lalu campur dengan madu. Minum pagi dan sore secara rutin.
  3. Ambil bawang putih 2-5 siung atau sekitar 5 gram dan 2 buah mentimun. Caranya keduanya ditumbuk dan dihancurkan hingga halus lalu diperas untuk diambil airnya. Campuri dengan madu. Minum pagi dan sore secara rutin.
  4. Ambil 2-5 buah mentimuan dengan cara dikukus. Makan ketika sudah dingin satu kali sehari.
  5. Ambil daun dan batang seledri 2-3 buah untuk dijadikan lalapan 2-3 kali sehari.
  6. Ambil 4-5 buah blimbing wuluh dengan cara diparut dan diperas untuk diambil airnya. Lalu minum pagi dan sore secara rutin. 

            Jika resep dan ramuan tradisional kita pakai secara rutin dan kita yakini lewat ramuan itu kita bisa mencegah dan menghilangkan penyakit tekanan darah tinggi. Semua butuh proses dan berusaha untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. 

Penulis: Nastain Achmad

Foto Profil dari Nastain Achmad
Suka menulis artikel, puisi dan cerpen. Ingin hidup untuk menulis

One comment

  1. Foto Profil dari Taufiq Firdaus A. Atmadja

    Hipertensi sekarang ini memang banyak diderita masyarakat, maka itu untuk mencegah sejak dini sebaiknya kurangi makanan dengan garam berlebih.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...