Kesehatan / Herbal / Ramuan Alami Untuk Atasi Penyakit Radang

Ramuan Alami Untuk Atasi Penyakit Radang

Penyakit radang merupakan suatu penyakit yang sering terjadi di bagian tenggorokan, paru-paru, amandel, kulit dan masih banyak yang lainnya. Dalam pembahasan ini penyakit peradangan yang akan dibahas yaitu penyakit radang sinusitis dan radang paru-paru. Perlu diketahui dan dipelajari bersama-sama.

1. Radang Sinusitis

Penyakit radang satu ini adalah gejala penyakit peradangan yang terjadi di belakang hidung tepatnya diantara tulang pipi dan pangkal hidung tempatnya di rongga sinus maxilaris dan rongga belakang pangkal hidung atas yang dekat dengan dahi tempatnya di rongga sinus frontalis. Bagian-bgain ini perlu kita ketahui agar lebih mengetahui gejala yang akan timbul.

Penyakit radang sinusitis ini terjadi akibat suatu alergi yang dibiarkan saja dan tidak segera diobati. Gejala pertama yang akan tumbuh, sering mengeluarkan bersin, hidung terasa tersumbat, mata terasa pedih dan selalu mengeluarkan air, ingus yang berlebihan, jika di cek up akan terlihat nanah di rongga sinusnya. Hal yang harus diperhatikan yaitu untuk tidak memakan makanan yang menyebabkan alergi seperti udang dan kepiting, hindari tempat yang berudara dingin, jika berada di ruangan AC sebaiknya pakailah jaket dan hindari untuk minum es.

Selain itu segera untuk diobati secara alami dengan ramuan yang tidak menimbulkan efek samping. Ini ada beberapa ramuan yang bisa digunakan dan cara pembuatannya sangat mudah, diantaranya:

Gunakan bahan berikut ini (sebelum makan):

  • 50 ml sekitar satu gelas susu kedelai
  • 50 gram sekitar setengah buah paprika
  • 80 ml sekitar 2 gelas air putih
  • 2-3 sendok air jahe
  • 2-3 sendok air jeruk nipis

Cara pembuatannya campur jadi satu bahan di atas lalu haluskan menggunakan blender. Minum secara rutin setiap pagi sebelum makan.

– Gunakan bahan berikut ini (sesudah makan):

  • 17 biji cengkeh
  • 2 buah jahe sebesar ibu jari
  • 7 buah jeruk nipis tua
  • 7 batang serai
  • 7 lembar daun sirih

Cara pembuatannya serai dan jahe cuci bersih lalu memarkan. Kupas jeruk nipis lalu belah menjadi 4 bagian. Setelah itu, semua bahan di atas rebus dengan 6 gelas air putih hingga airnya berkurang setengah bagian sekitar 3 gelas. Minum secara rutin tiga kali sehari setelah makan dengan takaran setengah gelas saja.

2. Radang Paru-Paru

Penyakit radang satu ini merupakan jenis gangguan penyakit pernafasan yang sangat berbahaya bagi penderita. Bila tidak segera diobati secara intensif maka akan melemahkan kerja paru-paru dan akan mengancam jiwa penderita sampai kematian akan melanda. Penyebab penyakit radang paru-paru diantaranya: sering kehujanan, siklus udara yang lembab, bronkhitis, kebanyakan merokok, banyak minum minuman keraas dan kurang olahraga.

Selain itu gejala awal yang timbul adalah muka pucat, batuk keluar lender kental terkadang bercampur darah, sesak nafas, nyeri pada dada bagian dalam dan denyut nadi yang tidak beraturan.  Sebaiknya jika sudah terjadi gejala seperti di atas perbanyaklah istirahat, jaga kebersihan kamar dan berikan ventilasi lebih banyak, sering-sering berjemur di pagi hari, jika makan kunyah sampai lembut, banyak makan makanan yang mempunyai gizi tinggi, sepeti bubur kacang hijau, susu sapi, telur, ikan dan buah-buahan.

Segera untuk diberikan obat secara rutin dengan menggunakan obat alami dan tradisional yang tidak menimbulkan efek samping dan bisa dibuktikan keampuhannya serta mudah membuatnya, diantaranya:

Gunakan bahan berikut ini:

  • 2-3 genggam daun arbei
  • 1 sendok ketumbar

Cara membuatnya dengan merebus kedua bahan tersebut dengan satu liter air sampai mendidih namun airnya harus berkurang setengah terlebih dahulu. Dinginkan. Minum secara rutin tiga kali sehari setelah makan.

Gunakan bahan berikut ini:

  • 10-12 akar alang-alang
  • 5-7 lembar daun sembung
  • 10-12 kuntum bunga melati kering
  • Garam secukupnya

Cara pembuatannya dengan mencampurkan semua bahan di atas lalu rebus dengan satu gelas air. Biarkan mendiidh sampai setengah gelas. Takaran sesuai kebutuhan. Setelah itu, saring dan dinginkan. Minum secara rutin 2-3 kali sehari.

Penting:

untuk menghindari penyakit radang sebaiknya,.

Perbanyaklah minum air putih yang higienis yaitu air bersih yang digodok langsung bukan isi ulang. Setelah mendidih saring sampai tidak ada kotoran (putih-putih). Minum sehari minimal 1-2 liter. Itu menurut pengalaman paman saya yang terkena gejala radang paru-paru.

Itulah sedikit ramuan alami untuk mengatasi penyakit radang sinusitis dan radang paru-paru. Bisa dibuktikan keampuhannya, bisa dibuat pertimbangan untuk obat. Semoga penyakit radangnya sembuh dengan ramuan di atas dan semoga bermanfaat.

 

Referensi ramuan obat radang ini:

  • Pemanfaatan tumbuh-tumbuhan alami untuk kesehatan dan pengobatan alternatif, LP3L Jaya-Madani-Semarang-Jawa tengah.
  • Jamu ramuan surga, Jarwo Pramono, TIM RESEP KITA.

Penulis: Nastain Achmad

Foto Profil dari Nastain Achmad
Suka menulis artikel, puisi dan cerpen. Ingin hidup untuk menulis

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...