Kesehatan / Alternatif / Cara Ampuh Mengobati Diare

Cara Ampuh Mengobati Diare

www.lagalus.com

www.lagalus.com

Diare merupakan salah satu penyakit yang sangat rawan dan sering ditemukan di masyarakat. Penyakit diare menular dengan cepat melalui makanan, minuman dan lingkungan yang kumuh atau air yang dibuat untuk banyak orang. Ini bisa menjadi wabah yang berbahaya jika tidak diatasi dengan tegas dan segera dari diri kita sendiri dan golongan masyarakat sekitar.

Diare merupakan penyakit akut yang menyerang perut karena sistem pencernaan baik itu berupa makanan atau minuman terjadi di perut. Biasanya penyakit diare menyerang kalangan anak-anak. Biasanya gejala yang akan timbul jika sudah terjangkit penyakit diare yaitu: buang air secara terus-menerus dengan tinja yang encer dan kekuning-kuningan, nafsu makan berkurang, suhu badan tidak seimbang dan stabil, perut terasa melilit dan mual, badan lemas, tangan dan kaki selalu terasa kejang dan sering sakit. Jika penyakit diare sudah menjalar di tubuh hindari makanan yang pedas, minuman yang dingin, makan makanan yang lunak dan banyak istirahat.

 Ada alternatif  ampuh untuk menghindari penyakit diare yaitu dengan minum air putih yang matang atau yang sudah dimasak sebanyak-banyaknya untuk menghindari kekurangan cairan di badan. Makanan yang dikonsumsi sebaiknya juga harus dipilih dengan benar, jangan terlalu pedas, dingin atau panas. Sebaiknya jika akan makan atau minum perhatikan tempatnya harus bersih dan higinies dari kuman dan bakteri.

 Ada beberapa obat dan ramuan yang ampuh untuk mengobati diare yang terbuat dari bahan alami tanpa ada pengawet dan bahan kimia serta sering sekali untuk dijadikan patokan dan resep utama, diantaranya:

 –          Buat 1 gelas teh tanpa ada campuran apapun (teh pahit), diseduh dangan air panas sampai mendidih. Minum 3 kali sehari. Sekali minum satu gelas.

–          Ambil akar kelapa secukupnya kira-kira segenggam. Rebus dengan 2-3 gelas air putih. Minum 3 kali sehari secara rutin.

–          Ambil 3-6 lembar daun jambu biji yang muda kalau bisa. Rebus dengan 1-2 gelas air sampai mendidih. Tambahkan garam sedikit saja., minum pagi dan sore hari.

–          Ambil sekitar 1 jari kunir yang sudah tua. Bersihkan lalu diparut dan disaring atau diperas. Tambahkan air dan garam sedikit saja. Minum pagi dan sore hari secara rutin.

–          Ambil gula pasir 1 sendok makan dan garam 1-2 sendok teh. Rebus sampai mendidih. Minum pagi dan sore hari secara rutin.

 Resep atau ramuan di atas sudah teruji keampuhannya untuk mengatasi dan menghilangkan penyakit diare. Yang terpenting rutin dan selalu berdo’a kepada Allah lewat resep di atas bisa menyembuhkan penyakit diare.

Penulis: Nastain Achmad

Foto Profil dari Nastain Achmad
Suka menulis artikel, puisi dan cerpen. Ingin hidup untuk menulis

One comment

  1. Foto Profil dari Taufiq Firdaus A. Atmadja

    Langkah preventif agar terhindar dari diare adalah memasak dengan memperhatikan aspek higienis dan kebersihan atau sanitasi harus diperhatikan. Tidak jarang diare diakibatkan dari jajan yang sembarangan. Anak-anak sangan rentan dalam hal ini.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...