Kesehatan / Diet / 9 Makanan Jitu Pengendali Berat Badan

9 Makanan Jitu Pengendali Berat Badan

                Makanan pengendali berat bedan merupakan salah satu sarana yang paling ampuh dalam menanggulangi berat badan yang merupakan sebuah ketakutan bagi manusia terutama kaum wanita. Karena memang berat badan membuat mereka tidak percaya diri dan malu ketika akan berjalan dengan teman-temannya yang langsing dan ideal tubuhnya. Penampilan tubuhnya rusak karena kelebihan lemak yang disebabkan oleh mengkonsumsi makanan yang berlebihan atau memakan makanan yang membuat kenyang tahan lama tidak memperhatikan porsi harian yang harus dilahap sesuai kesehatan.

 

                Berat badan juga akan mengurangi rasa semangat untuk beraktivitas. Sukanya hanya beraktivitas yang ringan-ringan saja. Oleh karena itu, diperlukan tindak lanjut khusus untuk menangani berat badan yang lebih. Yaitu dengan memakan makanan pengendali berat badan sesuai standart. Perbanyaklah untuk makan sayur-syauran. Hindari makanan yang mengandung lemak secara berlebihan. Selain itu, kadar protein dan keseimbangan tubuh harus diperhatikan jangan terlalu sedikit untuk mengkonsumsi makanan yang berlemak. Standart saja karena tubuh butuh adanya keseimbangan bukan mengurangi kadar pemasukan dalam sistem organ tubuh.

 

                Berat badan yang berlebihan bisa dicegah dengan menkonsumsi makanan pengendali berat badan. Ini ada 9 makanan jitu untuk mengendalikan berat badan sesuai standart resep dokter, antara lain:

 1. Bayam (sayur-sayuran)

Merupakan makanan yang mengandung banyak kalori. Takarannya dalam satu cangkir bayam kira-kira ada 40-45 kalori yang terkandung di dalamnya. Kandungan lain dari bayam yaitu banyak seratnya. Ini sangat cocok untuk dikonsumsi setiap hari kalau bisa tiga kali sehari setiap  makan karena ampuh untuk menghancurkan kolesterol yang buruk. Bayam juga makanan yang bisa membuat perut cepat kenyang.

2. Daging sapi

Merupakan daging yang mempunyai lemak rendah karena sudah dibuktikan di negara barat bahwa orang di sana setiap makan selalu menambahkan daging sapi yang matang dalam makanannya. Keampuhannya bisa membakar dan menghancurkan kalori. Kandungan jenis topside dan tenderloin ini juga akan memenuhi kebutuhan kalori serta membuat otot dan sistem dalam tubuh lebih aman dan terjaga.

3. Susu

Merupakan asupan yang mengandung kalsium dan protein serta rendah dalam kadar lemaknya.  Kalsium dalam susu dapat mengatur lemak secara seimbang. Dengan kandungan rendah lemak, susu juga dapat menjadi media peningkatan dalam pembakaran lemak dalam tubuh. Sedangkan protein dalam susu dapat membantu menyempurnakan dalam penurunan berat badan dan menyeimbangkan otot dan tulang. Susu juga dapat mengurangi rasa lapar dalam tubuh.

 4. Yoghurt

Merupakan asupan yang mengandung kalsium dan protein pula. Ini juga bisa menjadi media pengganti dari susu yang tidak suka dan sulit untuk meminum susu. Selain itu, yoghurt juga banyak mengandung bakteri yang baik untuk tubuh dan sistem pencernaan.

5. Tempe

Merupakan makanan yang kadar proteinnya sangat tinggi dan bisa menurunkan kadar berat badan (kolesterol) dengan cepat.  Selain itu, tempe juga mengandung serat yang sangat baik untuk sistem pencernaan dan usus.

6. Tahu

Merupakan makanan yang banyak mengandung gizi dan 90% tidak mengadung lemak. Ada juga yang mengatakan, tahu mempunyai kalori rendah namun baik untuk hidangan dalam mengatasi diet. Tahu juga bisa mengurangi rasa lapar dan mengurangi pengendapan dalam tubuh.

“Sebaiknya konsumsi tahu mentah jika kita mempunyai kelebihan berat badan”

7. Ikan

Merupakan makan yang banyak mengandung asam lemak omega 3 yang ada di dalamnya berupa minyak ikan. Asam lemak ini sangat bagus dan berkualitas untuk menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh.

8. Putih telur

Merupakan asupan yang mengandung zat kalium dan fosfor yang baik untuk pembangun tubuh. Putih telur juga bisa mengurangi nafsu makan dan baik untuk diet. Banyak yang memanfaatkan putih telur untuk menurunkan berat badan. Sebaiknya putih telur disantap di waktu pagi hari karena bisa membakar lemak secara efisien dan cepat serta menambah tenaga lebih dari pada makanan yang lain.

9. Alpukat

Merupakan jenis buah yang mengandung lemak nabati tinggi dan bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat.  Kandungan lemak pada alpukat tidak membuat tubuh lebih gemuk malah bisa mengurangi berat badan dan nafsu makan.

 

Memang tubuh butuh adanya pengendali agar tidak keterlaluan dalam kebutuhan makanan agar membuat tubuh lebih fit, sehat dan seimbang.

Penulis: Nastain Achmad

Foto Profil dari Nastain Achmad
Suka menulis artikel, puisi dan cerpen. Ingin hidup untuk menulis

2 comments

  1. Foto Profil dari Taufiq Firdaus A. Atmadja

    saya ingin mengklarifikasi untuk pernyataan bahwa bayam adalah makanan yang mengandung tinggi kalori. padahal setahu saya bayam bukan merupakan sumber karbohidrat namun sumber serat dimana serat tidak dikonversikan sebagai kalori. kemudian kandungan 100 gram bayam hanya megandung kalori sekitar 25 kkal.

    yang kedua saya tertarik dengan pernyataan “sebaiknya mengkonsumsi tahu mentah” karena dilihat dari sisi keamanan pangannya saja jelas itu kurang baik. dan pemasakan dapat mempermudah proses penyerapan protein oleh tubuh karena telah terdegradasi sehingga partikel protein lebih kecil. kira2 alasanya kenapa?

    yang ketiga mengenai susu, sebaiknya susu yang seperti apa yang diperbolehkan untuk dikonsumsi karena susu kan macam2 yah jenisnya apakah semua jenis susu?

    • Foto Profil dari Nastain Achmad

      yang saya maksudkan bayam yang mengandung tinggi aklori jika bayam tersebut di masak.

      yang kedua, tahu mentah yang sudah digodok dalam air yang masak terlebih dahulu.

      yang ketiga, susu segar seperti susu kaleng yang dikasih air panas

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...