Kesehatan / Gizi / Minyak Zaitun, Mahal Harganya Sebanding Manfaatnya

Minyak Zaitun, Mahal Harganya Sebanding Manfaatnya

Minyak Zaitun sangatlah sering digunakan di kawasan daerah mediterania sehingga minyak ini tidak dikenal luas oleh masyarakat indonesia. Minyak Zaitun sesuai dengan namanya minyak ini dibuat dengan mengambil ekstrak dari buah zaitun. Memang harga dari minyak zaitun sangat mahal di pasaran Indonesia akan tetapi itu sesuai dengan manfaat yang diberikan bagi tubuh kita. Dengan mengganti minyak yang kita gunakan setiap hari dengan minyak zaitun kita akan terhindar dari resiko stroke, penyakit jantung ataupun kolesterol.

Minyak Zaitun

Dengan memakai minyak zaitun masakan rumah kita akan terasa lebih sehat dan nikmat. Hal ini dikarenakan kandungan Vitamin E, Vitamin K, omega-3, dan omega-6. Selain itu kandungan yang dimiliki oleh minyak zaitun dibanding dengan minyak-minyak lainnya yaitu kandungan lemak tidak jenuh yang mencapai 86 persen.

Selain memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh, minyak zaitun yang ditambahkan ke masakan kita akan lebih terjamin dari segi kesehatan sehingga kita akan terlindungi dari penyakit. Lalu apa saja kelebihan minyak zaitun dibanding minyak lain terhadap kesehatan kita?

  1. Memelihara Jantung

Di dalam minyak zaitun memiliki kandungan lemak tak jenuh yang baik bagi jantung kita. Lemak tak jenuh ini juga akan mengurangi risiko peradangan dan menambak kolesterol baik atau HDL bagi tubuh kita.

  1. Mencegah Kanker Payudara

Siapa yang tidak mengenal penyakit yang satu ini, penyakit yang paling banyak ditakuti oleh kaum hawa ini. Menurut penelitian telah dibuktikan bahwa minyak zaitun bersifat melindungi tubuh dari kanker payudara. Hal ini karena minyak zaitun akan mengaktifkan mekanisme yang dapat mematikan sel kanker payudara.

  1. Menjaga Kesehatan Hati / Liver

Hati memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh kita yaitu sebagai penawar racun bagi tubuh kita. Sebuah penelitian mengatakan bahwa minyak zaitun dapat melindungi organ hati dari kerusakan sel. Kerusakan sel yang terjadi pada hati ini berhubungan sangat erat dengan reaksi kimia dari molekul di dalam tubuh kita dengan radikal bebas.

  1. Kolesterol Jahat Berkurang

Siapa yanng tidak mengenal kolesterol. Kolesterol dapat dibagi menjadi dua yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat. Dan jika kolesterol jahat ini berlebih di dalam tubuh kita akan mengakibatkan penyakit pada jantung kita. Akan tetapi hal itu tak akan terjadi jika kita menggunakan minyak zaitun. Menurut penelitian orang yang mengonsumsi suplemen minyak zaitun sekali dalam sehari selama enam minggu bisa mengurangi kadar LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh kita.

  1. Menghindari Stroke

Siapa yang tak mengenal penyakit yang satu ini, penyakit yang menjadi momok bagi orang yang sudah sepuh ini juga dapat dihindari dengan minyak zaitun. Menurut penelitian, orang tua yang rutin menggunakan minyak zaitun dalam masakannya memiliki resiko 41 persen lebih rendah dibandingkan yang tidak bahkan jarang menggunakan minyak zaitun.

Tips Memasak Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat diolah menjadi berbagai bentuk masakan yang sering kita buat sebagai hidangan untuk keluarga kita. Salah satu contoh yang bisa kita terapkan yaitu :

  • Minyak zaitun dapat menggantikan posisi minyak goreng dan mentega sebagai bahan untuk menumis makanan
  • Beberapa sendok minyak zaitun juga dapat ditambahkan sebagai tambahan saat kita membuat salad
  • Minyak zaitun juga dapat ditambahkan saat kita melumuri bahan masakan untuk menambah cita rasa
  • Minyak zaitun juga bersifat mudah panas.

Minyak zaitun juga dapat diolah menjadi camilan atau gorengan yang sehat sehingga keluarga kita dapat terhindar dari lemak jenuh yang merugikan tubuh. Jadi ingat Mencegah Lebih baik daripada Mengobati. SALAM SEHAT

 

 

Foto Profil dari Mohammad Firmansyah
Hobiku Menulis, Menurutku menulis adalah sebuah ladang yang siap untuk dipanen. Mnurut syair kalau tidak dilahirkan dari seorang ulama atau pemimpin besar maka jadilah penulis

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...