Kesehatan / Herbal / Lobak, dari Obat Herbal sampai Teman untuk Diet

Lobak, dari Obat Herbal sampai Teman untuk Diet

Sayuran yang berbentuk seperti wortel dan bewarna putih ini tidak jarang diolah berbagai jenis macam makanan misalnya kimchi makanan khas dari Korea Selatan. Selain bernutrisi, memang lobak memiliki banyak sekali khasiat yang terkandung didalamnya yang dapat digunakan untuk bahan obat.

Lobak pertama kali dikembangkan di Tiongkok, kemudian berkembang di Eropa dan akhirnya menyebar ke seluruh pelosok dunia. Sayuran ini memiliki bentuk, rasa, warna, dan ukuran ini dapat dimakan mentah. Daging dari sayur ini umumnya berwarna putih dengan warna akar yang berbeda-beda pada tiap jenisnya seperti merah, kuning, hijau sampai ungu. Jika Anda mendapati lobak yang berasa pahit, berarti tanaman ini terlambat untuk dipanen atau terlalu lama dalam tanah. Sementara lobak yang dipanen tepat waktu biasanya terasa manis dan teksturnya justru renyah. Ada juga jenis lobak yang di dalamnya terkandung isothiocyanate, glucosinolate, dan myrosinase sehingga memiliki rasa pedas.

Lalu apa saja kandungan dan manfaat dari lobak ini?

Dalam setiap 100 gram lobak mengandung 16 kcal energi, 3,4 gram karbohidrat serta 0,1 gram lemak. Lobak juga mengandung banyak vitamin serta mineral, antara lain vitamin B1, B2, B6, B9, vitamin, kalsium, magnesium, mangan, zat besi, fosfor, fluoride, dan potasium. Selain dari daging lobak itu sendiri daun lobak sering digunakan dalam menu masakan seperti tumis ataupun sup. Sebagian orang mencampurkan kedalam jus juga.

Kemudian akar lobak juga berfungsi sebagai bahan obat-obatan untuk menangani peradangan pada mulut dan tenggorokan, gangguan pada usus dan perut, saluran empedu, infeksi, demam, batuk, bronkitis , dan kelebihan lendir pada saluran pernapasan. Akan tetapi, masih dibutuhkan berbagai penelitian ilmiah untuk membuktikan kegunaan-kegunaan tersebut.

Selain sebagai bahan obat – obatan lobak juga dapat sebagai teman diet yang cocok untuk kita dikarenakan dalam satu cangkir sayuran ini mengandung 19 kalori saja.

Bagaimana cara mengolah lobak menjadi sajian yang menyehatkan?

Siapkan:

  • 3 sendok makan minyak zaitun
  • 1 sendok makan cuka
  • Sejumput garam
  • 1 sendok moster

Untuk salad, siapkan:

  • 1 cangkir lobak merah iris tipis
  • 1 apel besar, kemudian iris seperti korek api
  • 4 cangkir paduan berbagai sayuran
  • 1 buah jeruk yang telah dikupas
  • Keju secukupnya
  • ¼ cangkir kenari yang di cincang kasar
  • ½ cangkir wortel parut
  • ¼ cangkir bengkuang diiris kecil-kecil berbentuk korek api

Setelah semua bahan sudah siap, campurkan semua ke dalam mangkok besar. Siramkan moster secukupnya dan aduk kembali hingga merata.

Akan tetapi belum tentu yang sehat dapat dikonsumsi banyak orang. Seperti lobak ini hanya bisa dimakan oleh sebagian orang saja, orang yang harus menghindari lobak ini adalah orang yang memiliki batu empedu selain itu juga lobak jika terlalu sering dimakan atau berlebihan juga akan menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan. Jadi sehat tidak perlu mahal, hanya ambil apa yang berada di alam saja. SALAM SEHAT

Sumber: alodokter.com

Foto Profil dari Mohammad Firmansyah
Hobiku Menulis, Menurutku menulis adalah sebuah ladang yang siap untuk dipanen. Mnurut syair kalau tidak dilahirkan dari seorang ulama atau pemimpin besar maka jadilah penulis
x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...