Kesehatan / Informasi / Jarang Bertemu Dokter dengan Sejuta Manfaat Apell

Jarang Bertemu Dokter dengan Sejuta Manfaat Apell

Ada peribahasa yang mengatakan An Apple a day keeps the doctor awayyang dalam bahasa Indonesia artinya sebuah apel sehari menjagamu jauh dari dokter. Peribahasa tersebut sepertinya tidak omong kosong belaka, dikarenakan memang apel memiliki sejuta manfaat yang akan membuat kita tidak susah payah menemui dokter. Dengan kata lain apel menjauhkan kita dari penyakit.

manfaat buah apel

Siapa yang tidak tahu dengan buah yang bernama apel ini, konon buah yang dipercayai buah khuldi ini memiliki sejuta manfaat yang terkandung didalamnya. Sejuta manfaat Buah apel ini berasal dari kandungan nutrisi yang melimpah dan menguntungkan dari buah ini. Buah ini mengandung antioksidan yang kaya, sedangkan antioksidan menghindarkan kita dari penuaan dini. Selain itu apel juga mengandung serat yang bermanfaat untuk saluran pencernaan kita, flavonoid, Vitamin C, Vitamin B kompleks, kalsium, kalium, fosfor, pektin, asam ursolat, dan nutrisi yang bermanfaat lainnya bagi tubuh kita. Walau dimakan langsung dengan kulitnya, dibuat jus, atau dijadikan salad manfaat dari buah ini tak usah diragukan lagi.

Selain mencegah penuaan dini dan memperlancar saluran pencernaan apel juga memiliki manfaat seperti :

  1. Mencegah dari Penyakit Kanker

Menurut berbagai penelitian, mengonsumsi satu buah apel sehari dan dilakukan dengan rutin dipercaya dapat mengurangi resiko kanker kerongkongan, laring, paru-paru, dan payudara. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas.

  1. Baik Untuk Jantung

Selain apel mencegah dari kanker, apel juga mampu memperkecil resiko penyakit jantung dan menurunkan kolesterol, mengurangi penyumbatan dan peradangan pada dinding arteri. Ini semua dikarenakan kandungan kombinasi serat larut dalam lemak seperti peptin dan fitonutrien yang mencegah kolesterol bersarang di dinding pembuluh darah.

  1. Meningkatkan Kesehatan Saraf

Antioksidan yang terkandung didalam apel juga dapat mengurangi matinya sel saraf yang diakibatkan oleh oksidasi dan peradangan sel neuron( sel saraf ). Efek perlindungan ini sekaligus juga mengurangi gangguan pada neuron, contoh penyakitnya yang sering kita dengar yaitu Alzheimer.

  1. Menurunkan Resiko Penyakit Diabetes

Siapa tidak tahu penyakit yang satu ini. Penyakit yang disebabkan hormon insulin tak dapatt mengaur gula dalam tiubuh ini, dapat juga dicegah dengan buah apel. Hal ini dikarenakan kandungan fitonutrien yang dikandung apel. Fitonutrien yang selain berfungsi mencegah penumpukan kolesterol ini juga berfungsi untuk membantu lonjakan gula drah dengan merangsang pankreas untuk membuat insulin, menghambat enzim yang terlibat dalam pemecahan karbohidrat menjadi gula sederhana serta mengurangi penyerapan gula dalam aliran darah.

  1. Teman Untuk Diet

Apel juga bermanfaat sebagai teman untuk diet kita. Menurut penelitian mengonsumsi apel tiga kali sehari diduga dapat menurunkan berat badan dalam waktu 12 minggu.

 

Catatan bagi kita semua Jika kita makan apel secara langsung disaran kan tidak menelan bijinya dikarenakan dalam biji apel mengandung Sianida yang kuat apabila dikonsumsi berakibat fatal. Selain itu jangan lupa mencuci dan menyikat kulit apel hal ini dilakukan untuk menghilangkan lapisan lilin serta zat-zat pestisida.

Itu adalah penjelasan dari buah apel sekarang jangan ragu dan jangan segan uuntuk makan buat ini. SALAM SEHAT.

Foto Profil dari Mohammad Firmansyah
Hobiku Menulis, Menurutku menulis adalah sebuah ladang yang siap untuk dipanen. Mnurut syair kalau tidak dilahirkan dari seorang ulama atau pemimpin besar maka jadilah penulis
x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...