Kesehatan / Gizi / Ikan Teri, Si Mini dengan Sejuta Manfaat

Ikan Teri, Si Mini dengan Sejuta Manfaat

Ikan teri, siapa yang tidak kenal dengan ikan yang memiliki ukuran yang kecil ini. Ikan Teri merupakan salah satu bahan makanan yang populer di kalangan masyarakat kecil di Indonesia ketika semua bahan daging yang berada di pasaran sedang naiknya.

Ada mitos yang beredar di kalangan masyarakat tentang ikan kecil ini, yaitu “ Satu ikan teri yang kita makan sama dengan daging ayam”. Mitos tersebut tidak sepenuhnya salah dikarenakan di dalam tubuh ikan yang kecil ini banyak manfaat yang tidak boleh diremehkan.

Ikan_Teri_Padang_100_gr

Sebelum kita berbicara tentang manfaat apa yang terkandung di dalam ikan teri. Lebih baik kita mengenal terlebih dahulu ikan kecil satu ini.

 

Ikan teeri merupakan salah satu jenis dari spesies ikan anchovy. Ikan teri memiliki ukuran berkisar antara 2 – 40 cm, Keluarga ikan anchovy ini memiliki cita rasa yang unik. Ikan ini dapat diolah dalam berbagai jenis olahan ikan seperti dijadikan ikan asin hingga acar di dalam cuka. Sedang di negara kita sendiri biasanya ikan teri ini dicampur dalam bahan untuk membuat rempeyek. Bahkan di beberapa negara ikan teri dapat dikonsumsi secara langsung secara mentah, hal ini dipercaya dapat meningkatkan gairah seksual.

Mengingat ikan ini banyak di konsumsi oleh kalangan di Indonesia, timbul pertanyaan apa saja manfaat yang terkandung didalam ikan teri ini selain sebagai sumber bahan makanan yang lezat dan mengenyangkan ? Beberapa hal di bawah ini akan mengungkap beberapa manfaat ikan anchovy ini bagi kesehatan.

Ikan yang Baik Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes

Menurut seorang yang ahli dalam penyakit diabetes mengungkapkan bahwa ikan anchovy adalah salah satu makanan yang cocok bagi penderita penyakit diabetes. Alasan dari ikan anchovy ini baik bagipenderita diabetes adalah karena ikan ini merupakan sumber protein dengan lemak jenuh yang amat rendah dan tidak mengandung karbohidrat. Dikarenakan rendah lemak jenuh dan tak mengandung karbohidrat maka ikan anchovy ini cocok bagi penderita diabetes.

Menjaga Kesehatan Jantung

Ikan ancovy adalah salah satu dari banyak ikan yang mengandung banyak minyak yang baik bagi tubuh kita seperti lemak omega 3. Kandungan tersebut dianggap memiliki manfaat menjaga kesehatan jantung kita. Lemak omega 3 tersebut selain dalam ikan anchovy juga ditemukan dalam ikan tuna, makarel, sarden, dan salmon.

Mengurangi Nyeri pada Haid

Minyak ikan yang terdapat di dalam ikan anchovy juga memiliki manfaat sebagai pereda nyeri. Hal ini cocok bagi wanita yang sedang mengalami nyeri saat menstruasi atau sedang haid

 

Ikan teri ini tidak dapat dikonsumsi manfaatnya bagi siapapun karena ikan achovy mengandung senyawa purin dalam jumlah yang tinggi sehingga dapat mengakibatkan kekambuhan bagi seseorang yang memiliki penyait asam urat.

Lalu apa lagi Sehat tidak perlu bahan makanan yang mahal, kan? Kita bisa mengawali sehat dengan bahan yang murah dan dapat kita jumpai dimanapun. SALAM SEHAT

 

Foto Profil dari Mohammad Firmansyah
Hobiku Menulis, Menurutku menulis adalah sebuah ladang yang siap untuk dipanen. Mnurut syair kalau tidak dilahirkan dari seorang ulama atau pemimpin besar maka jadilah penulis

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...