Kesehatan / Lain-lain / Penyebab, Gejala, Pencegahan Radang Selaput Otak (Meningitis)

Penyebab, Gejala, Pencegahan Radang Selaput Otak (Meningitis)

Penyakit Radang Selaput Otak (Meningitis) adalah sebuah penyakit yang belum familar di telingga kita. Penyakit ini sekaranag sudah kembali tenar di kalangan masyarakat terlebih setelah penyakit ini di derita oleh presenter sekaligus komedian kondang yaitu Olga Syahputra ( Olga ). Penyakit Meningitis sendiri merupakan penyakit yang terjadi akibat infeksi meninges atau yang lebih di kenal dengan selaput yang melindungi sistem syaraf pusat pada tubuh manusia. Berikut penyebab, gejala, serta cara mencegah penyakit Meningitis.

Meningitis - Radang Selaput Otak

Penyebab Meningitis

Penyebab penyakit meningitis ini bukan termasuk virus yang berbahaya, tetapi jika tidak segera di tangani bisa berakibat buruk pada kesehatan kita di antaranya kurangnya daya ingat, kerusakan otak, pendengaran yang berkurang, bahkan berakibat kematian jika tidak di tangani dengan serius. Pada awalnya virus penyebab penyakit ini menginfeksi bagian tubuh penderita kemudian mengalir masuk ke sel sel syaraf pusat ( otak ). Selain virus, bakteri dan jamur turut ambil alih dalam penyakit ini meskipun jarang kita jumpai. Adapun beberapa bakteri yang menyebabkan penyebab penyakit meningitis adalah:

  1. Listeria monocytogenes,
  2. Mycobacterium tuberculosis
  3. Neisseria meningitidis
  4. Haemophilus influenzae, serta
  5. Staphylococcus aureus.
Gejala-gejala Meningitis

A. Gejala Ringan

  1.  Sakit Kepala.
  2.  Mengalami demam ringan serta kelelahan yang berlangsung kurang lebih 2-3 hari pada beberapa pasien.
  3.  Penurunan nafsu makan.
  4.  Kepekaan terhadap cahaya terang.
  5.  Kebingungan dan kantuk.

B. Gejala yang lebih parah dan terjadi secara tiba tiba.

  1. Leher demam
  2.  Mual dan muntah
  3.  Sakit kepala dan kaku.
Cara Mencegah Meningitis
  1. Menjaga Kebersiahan. Penyakit meningitis dapat dicegah dengan cara meningkatkan kebersihan. Yang paling penting adalah teknik mencuci tangan yang tepat. Cucitangan dengan sabun dan air hangat. Gosok tangan dalam kurun waktu10-20 detik, pastikan membersihkan tepat dibawah kuku. Bersihkan dengan air hangat yang mengalir. Kemudian keringkan tangan menggunakan handuk.
  2. Menutup hidung saat bersin atau batuk.
  3. Hindari berbagi gelas, cangkir, botol air yang digunakan pada waktu olahraga atau rekreasi, rokok dll.
  4. Mencuci tangan yang benar sangat diperlukan untuk menghilangkan kontaminasi tinja setelah BAB, mengganti popok dan sebagainya.
  5. Gunakanlah anti biotik saat bersama dengan orang orang yang terjangkit virus. Hal ini digunakan untuk mencegah mudahnya vius radang selaput otak menyebar.

Itulah beberapa penyabab, gejala, dan cara mencegah penyakit radang selaput otak ( meningitis ). Jadi marilah biasakan hidup sehat karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Penulis: Majid

Foto Profil dari Majid

2 comments

  1. trimakasih atas infonya,,, bermanfaat

  2. Gaya hidup sehat itu, meskipun terasa tidak enak, namun aman.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...