Kesehatan / Informasi / Makan Pelan-Pelan Menyehatkan

Makan Pelan-Pelan Menyehatkan

images (2)Bagi anda wanita yang sibuk dan aktif makan mungkin bisa menjadi salah satu kegiatan yang sering dilakukan dengan cara yang terburu-buru. Tapi tahukah anda bahwa makan dengan cara yang terburu-buru seperti itu sangat berbahaya!  Makan dengan cara terburu-buru bisa membuat anda tidak sehat dan stress. Di bawah ini beberapa alasan kenapa kita harus makan dengan pelan-pelan :

  1. Makan pelan-pelan bisa menurunkan berat badan. Sebuah studi menemukan bahwa makan dengan cara pelan-pelan bisa membuat anda mengkonsumsi kalori dengan jumlah yang lebih sedikit. Bahkan fakta baru mengatakan bahwa jika kita makan dengan perlahan maka dalam  jangka waktu 1 tahun berat badan kita akan hilang lebih dari 10 kg berat badan kita. Diperlukan waktu sekitar 20 menit bagi otak untuk mendeteksi bahwa Anda sudah kenyang. Jadi, jika Anda makan terlalu cepat, maka Anda akan terus makan walau sebenarnya tubuh sudah melewati titik kenyang.
  2. Makan perlahan bisa membuat kita lebih menikmati makanan. Secara logika, bila kita makan dengan kecepatan yang tinggi maka kita tidak bisa menikmati makanan yang ada di hadapan kita. Jangan biarkan karena kesibukan anda tidak bisa menikmati makanan dengan baik dan kehilangan kesempatan untuk berwisata kuliner mengesankan sehingga hati senang perutpun kenyang.
  3. Menyehatkan Pencernaan. Ketika kita makan dengan tergesa-gesa maka mulut bekerja dengan lebih keras dan hal ini juga tidak baik bagi tubuh anda. Perlu anda ketahui bahwa system pencernaan bukan hanya tentang lambung dan usus, akan tetapi juga tentang rongga lain nya. Jika anda makan dengan perlahan maka anda memperingan kerja lambung dan juga memperlancar system pencernaan.
  4. Bisa mengurangi stres. Makan merupakan waktu yang bisa anda manfaatkan untuk meliburkan pikiran dari stress dan juga kepenatan anda. Menikmati setiap makanan yang masuk ke dalam mulut dan melupakan semua kepenatan anda ketika makan bisa membuat anda merasa lebih baik dan mengurangi stress.

Jadi apakah manfaat makan perlahan di atas bisa mengubah cara makan anda? Jangan biarkan kesibukan membuat tubuh anda sakit dan tidak bisa menikmati makanan anda.

Penulis: lis zanah

Foto Profil dari lis zanah

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...