Kesehatan / Informasi / Gejala Penyakit Maag

Gejala Penyakit Maag

Semakin banyak orang yang didiagnosis dengan gangguan pencernaan sekarang ini, sebagian besar dari mereka memerlukan rawat inap dan diawasi secara cermat. Maag adalah gangguan pencernaan yang sangat umum, yang melibatkan peradangan pada tingkat tertentu dari saluran pencernaan. Maag bisa terjadi pada tingkat esofagus atau organ lain pada saluran pencernaan,dan hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh anda.

Penyakit maag terjadi karena sekresi berlebihan asam klorida dan pepsin, yang akhirnya merusak jaringan pelindung yang mengelilingi perut. Kehadiran bakteri yang disebut Helicobacter pylori juga berkontribusi untuk mengembangkan lambung. Selain itu, lambung juga diperparah oleh penyalahgunaan obat-obatan anti-inflamasi tertentu, seperti aspirin atau ibuprofen. Mungkin untuk sebagian orang mereka berpikir bahwa tekanan emosional juga penyebab gangguan lambung. Namun, teori ini telah dibantah oleh hasil penelitian medis baru-baru ini. Di sisi lain, stres fisik dan insufficiencies dapat memfasilitasi pengembangan tukak lambung (orang-orang yang mengalami operasi medis lebih rentan untuk memperoleh penyakit lambung daripada orang normal).

Statistik menunjukkan bahwa orang dengan usia lebih dari 55 lebih terekspos untuk berkembangnya penyakit lambung. Selain itu, orang yang merokok lebih rentan terkena penyakit maag atau gangguan lanmbung dibandingkan orang yang tidak merokok. Merokok mempengaruhi maag, memperlambat proses penyembuhan alami dan mengurangi potensi obat. Juga, penyalahgunaan alkohol dan kafein dapat memperburuk keadaan maag anda. Sangat penting untuk menjauhkan diri dari minuman tersebut dan berfokus pada membangun dan menjaga pola makan yang sehat yang akan meningkatkan efisiensi perawatan medis. Jika anda sedang diet, maka konsumsi makanan sehat yang tidak akan meningkatkan asam lambung. Dokter merekomendasikan makan teratur setiap hari untuk mereka yang melakukan diet dan tidak terlalu memaksakan diri.

images

Kebanyakan gejala maag adalah nyeri perut dan asam, hal ini biasanya di sebabkan adanya gangguan perut karena tidak terisi atau kosong dan juga pola makan yang tidak sehat dan tidak teratur. Rasa sakit ketika makan, gangguan pencernaan, mual, muntah dan adanya darah ketika muntah, adanya darah dalam tinja, tinja berwarna hitam, kelelahan, kurang nafsu makan dan penurunan berat badan.

Jika anda sekarang ini mengalami salah satu gejala yang disebutkan di atas, maka sebaiknya segera periksa diri anda ke dokter supaya bisa segera di tangani dan mendapatkan pengobatan yang tepat.

Penulis: lis zanah

Foto Profil dari lis zanah

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...