Kesehatan / THT / Terlalu Sering Mendengar Suara Keras Bisa Menyebabkan “Tinnitus”

Terlalu Sering Mendengar Suara Keras Bisa Menyebabkan “Tinnitus”

Berhati-hatilah bagi anda yang terlalu sering mendengar suara keras baik langsung dari luar ataupun menggunakan earphone, hal ini dapat menjadi penyebab terkena penyakit yang disebut ‘tinnitus’.

Tinnitus adalah keadaan dimana telinga berdenging, atau pada sebagian orang terdengar seperti gerosokan (keresek-keresek), klik, berdesis, dengung atau bising dengan tingkat suara dari mulai pelan sampai keras dan biasa terjadi pada satu telinga ataupun keduanya. Suara-suara ini bisa terdengar terus menerus atau bisa juga datang dan pergi. Sebenarnya tinnitus bukanlah penyakit serius yang umum dialami oleh 1 dari 5 orang di dunia.

Tinnitus lebih disebabkan oleh cidera telinga atau gangguan sistem sirkulasi pendengaran pada telinga , penurunan daya dengar karena usia juga kondisi lain seperti meningkatnya tekanan darah. Tinnitus dapat menyebabkan gangguan tidur, menurunkan kemampuan konsentrasi sampai sulit membedakan suara yang sebenarnya, dan dapat berkembang menjadi penderitaan mental atau emosional. Tinnitus pada sebagian besar orang dapat disembuhkan dengan mengatasi sumber penyebabnya.

efek tinnitus

Penyebab Umum Tinnitus :

Mendengarkan suara keras

Suara keras seperti yang berasal dari gergaji mesin, senjata api, mesin bubut dll, adalah penyebab ganguan pendengaran sampai kehilangan pendengaran. Unit musik portabel seperti MP3 player atau iPod juga menjadi penyebabnya bila dimainkan dengan suara keras dalam jangka waktu lama.

Gumpalan kotoran telinga

Tahi telinga sebenarnya melindungi kanal telinga dengan menangkap kotoran, debu dan menghambat tumbuhnya bakteri. Namun bila jumlahnya terlalu banyak maka susah untuk dibersihkan secara alamiah dan dapat menyebabkan kehilangan pendengaran atau iritasi gendang telinga yang aka berkambang menjadi tinnitus.

Pengerasan Tulang Tengah Telinga (otosclerosis)

Kondisi ini disebabkan oleh pertumbuhan tulang yang abnormal dan kecenderunganya adalah genetis (menurun). Proses ini memberi pengaruh pada pendengaran dan menyebabkan tinnitus.

Tinnitus Terbagi Dalam Dua Jenis

Tinnitus Subjektif

Adalah tinnitus yang hanya didengr oleh penderitanya yang merupakan tinnitus yang paling umum dialami banyak orang. Biasanya disebabkan oleh gangguan pada telinga luar,tengah atau telinga dalam. Bisa juga disebabkan oleh masalah pada saraf pendengaran (auditory nerve) atau auditory pathways sebagai bagian dari otak yang menginterpreasikan sinyal saraf sebagai suara.

Tinnitus Objektif

Adalah tinnitus yang suaranya dapat didengar orang lain seperti dokter saat memeriksanya. Jenis ini terjadi akibat kontraski otot atau masalah pada pembuluh darah. Kejadian ini sangat jarang ditemukan.

Sudah tau kan, maka lebih baik kontrol volume saat kita mendengarkan musik dengan unit musik portabel dan hati-hati menggunakan earphone. Semoga bermanfaat..

Penulis: jopik

Foto Profil dari jopik

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...