Kesehatan / Wawasan / Tanda Ada Yang Tidak Beres Dengan Kesehatan Anda

Tanda Ada Yang Tidak Beres Dengan Kesehatan Anda

Sebagian besar orang seringkali meremehkan sinyal-sinyal kesehatan yang disampaikan oleh tubuh. Padahal jika kita mampu mendeteksi lebih dini sinyal-sinyal tersebut maka kita bisa mengetahui datangnya penyakit lebih cepat dan dapat menanganinya sebelum menjadi penyakit berat dan parah. Berikut adalah sebagian tanda tubuh kalau ada yang salah dengan kesehatan kita.  tanda - tanda tidak sehat

1.       Nafas Pendek-Pendek

Tarikan nafas pendek dan terasa lebih berat dibanding saat hidung tersumbat atau saat melakukan aktifitas fisik dan atau  mengalami kesulitan bernapas saat posisi tiduran bisa menjadi tanda bahwa kesehatan anda sedang mengalami masalah.

Kesulitan bernapas ini kemungkinan disebabkan oleh penyakit kronis yang berhubungan dengan paru-paru, asma , radang paru-paru (pneumonia), gumpalan darah (flek), dan penyakit lain yang berhubungan dengan jantung.

Sulit bernapas juga bisa terjadi saat serangan panik yang dapat menyebabkan jantung berdebar cepat, berkeringat dan menjadi tanda bahwa sedang terjadi stres atau depresi.

 2.       Berat Badan Turun Tanpa Sebab

Jika anda mengalami penurunan berat badan tanpa ada suatu usaha untuk menurunkanya maka berhati-hatilah. Salah satu tanda ini dapat mengindikasikan bahwa tubuh anda dalam kondisi tidak sehat. Jika dalam 6 bulan terjadi penurunan sampai 10%  berat tubuh maka sebaiknya anda periksakan ke dokter.

Penurunan berat badan ini bisa terjadi akibat berbagai kondisi seperti kelenjar tiroid yang hiperaktif (hyperthyriodism), diabetes, depresi, liver, kanker, atau pengaruh gangguan penyerapan nutrisi (malabsorption disorders).

 3.       Sering Demam

Demam biasanya terjadi akibat adanya infeksi dalam tubuh. Demam yang panjang menandakan adanya infeksi tersembunyi mulai dari infeksi pada saluran kencing sampai tuberkolosis. Jika anda mengalami demam sampai 39,4 derajat celsius maka sesegera mungkin menghubungi dokter.

 4.       Kekenyangan Walau Makan Sedikit

Jika anda merasa cepat kenyang padahal jumlah makanan yang anda makan lebih sedikit dari biasanya secara konsisten, maka anda harus waspada. Kemungkinan penyebab cepat kenyang adalah penyakit gastroesophageal reflux atau iritasi pada usus besar atau bahkan kanker pankreas.

 5.       Kilatan Cahaya dan Gangguan Visual

Gangguan pada pandangan seperti titik terang atau kilatan cahaya bisa mengindikasikan anda terserang migrain. Kilatan cahaya juga bisa terjadi akibat kerusakan retina mata. Penanganan dengan segera bisa mencegah kebutaan.

 6.       Perubahan Pada Perut dan Usus Besar

Perubahan pada perut menjadi tanda bahwa ada infeksi parasit aatau bakteri seperti salmonella, ecoli, campylobacter. Kemungkinan lainya adalah iritasi usus besar.

 7.       Kebingungan atau Perubahan Perilaku

Mendadak seperti orang kebingungan, disorientasi tempat dan waktu, mendadak bermasalah dengan konsentrasi dan memori, mendadak berubah perilaku seperti menjadi mudah marah dan agresif bisa ditimbulkan oleh berbagai masalah kesehatan seperti infeksi, kadar gula darah rendah, kurang darah (anemia), dehidrasi, atau gangguan kondisi mental. Bahkan karena pengobatan juga berkontribusi merubah seseorang menjadi kebingungan atau perubahan perilaku.

Penulis: jopik

Foto Profil dari jopik

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...