Kesehatan / Pola Hidup / Pentingnya Sarapan pagi Bagi Kesehatan

Pentingnya Sarapan pagi Bagi Kesehatan

Aktifitas rutin di pagi hari sering membuat orang lupa akan pentingnya sarapan pagi. Padahal rentang waktu antara makan malam dan makan siang pada hari berikutnya terbilang cukup jauh dan membuat tubuh mulai kekurangan asupan gizi dan energi.sa1

Sarapan pagi adalah sumber makanan yang paling penting karena bertujuan memberi makan tubuh dan pikiran dengan nutrisi penting dan energi untuk tetap berfungsi optimal  dalam menjalani aktivitas sepanjang hari. Sarapan pagi secara rutin membuat metabolisme tubuh tetap berjalan dan dapat menjaga berat badan

Berikut adalah manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan rutinitas sarapan pagi

1.     Meningkatkan energi untuk memulai hari

Untuk melakukan aktivitas secara normal tubuh tidak hanya membutuhkan energi, tetapi harus dilengkapi dengan vitamin, meneral dan nutrisi penting lainya. Para peneliti yakin bahwa sarapan pagi dapat membantu menstabilkan kadar gula darah yang berpengaruh pada nafsu makan dan meningkatkan energi .

Sebuah studi menunjukan bahwa anak-anak yang sarapan pagi tidak mudah mengalami cepat lelah dan tidak mudah emosi dibanding yang tidak sarapan pagi. Begitu juga pada orang dewasa, sarapan membuat anda lebih aktif dan penuh energi.

2.     Menjaga konsentrasi tetap fokus

Dengan sarapan pagi, kita akan lebih produktif dan fokus sampai tiba saat makan siang. Tetapi jika kita melewatkan sarapan pagi, maka akan sangat sulit untuk memikirkan hal lain kecuai makanan  khususnya jika perut sudah berbunyi dan meminta untuk diisi. Tanpa asupan yang cukup untuk bahan bakar tubuh dan pikiran, maka tingkat konsentrasi akan melemah.

3.     Meningkatkan metabolisme

Metabolisme tubuh cenderung melambat saat kta tidur. Satu-satunya hal yang dapat dengan cepat menggerakan metabolisme adalah dengan sarapan pagi. Tubuh akan segera membakar kalori setelah sarapan pagi dan tentu saja akan menjaga kestabilan fungsi tubuh  karena metabolismenya tetap baik. Hal ini lebih baik dilakukan dibanding harus menunggu saat makan siang tiba.

4.     Menghindari makan berlebih

Lapar berlebih adalah hal yang sangat wajar bila kita melewatkan sarapan pagi sehingga porsi makan siang bisa semakin banyak. Bahkan sebelum makan siang, kita sering mengkonsumsi camilan dalam jumlah yang tidak sedikit untuk mengganjal rasa lapar. Karena dengan sarapan akan menurunkan kadar hormon pengontrol lapar “ghrelin”.

5.     Mengurangi kolesterol jahat dan mengurangi penyakit jantung

Sarapan pagi setiap hari dapat membantu mengurangi kadar LDL kolesterol yang biasa disebut kolesterol jahat. Saat anda melewatkan sarapan maka  terjadi reaksi berantai dalam tubuh yaitu :

Pertama, anda memperlambat metabolisme

Kedua, lemak disimpan lebih lama dalam tubuh

Ketiga, anda mempunyai kecenderungan makan berlebih saat makan siang

Keempat, anda bertambah gemuk dan LDL kolesterol meningkat.

Kelima, dengan kadar kolesterol jahat tinggi akan memicu penyakit jantung

6.     Mengurangi berat badan

Dari penjelasan sebelumnya, menurunkan berat badan adalah salah satu keuntungan dari sarapan pagi. Beberapa penelitian menyebutkan peningkatan berat badan sangat terkait dengan orang yang melewatkan sarapan pagi, mereka menemukan bahwa orang yang sarapan setiap pagi 3 kali lebih sedikit mengalami obesitas dibanding yang melewatkan sarapan.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Obesitas, para peneliti menyelidiki 93 wanita dengan obesitas selama 12 minggu. Dibuat dua kelompok dimana kelompok pertama mangkonsumsi 700, 500, 200 kalori pada sarapan, makan siang dan makan malam, sedangkan kelompok kedua mengkonsumsi 200, 500, 700 kalori. Terbukti bahwa kelompok yang mengkonsumsi sarapan lebih banyak terjadi penurunan berat badan 2,5 kali dibanding yang mengkonsumsi sarapan lebih sedikit.

Penulis: jopik

Foto Profil dari jopik

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...