Kesehatan / Informasi / Menjaga Tulang Tetap Sehat

Menjaga Tulang Tetap Sehat

Mengapa Kesehatan Tulang itu Penting?

Tulang mempunyai peran penting dalam tubuh, selain sebagai kerangka, tulang juga menjadi tempat menempelnya otot, melindungi organ dan penyimpan kalsium. Tulang secara terus menerus mengalami perubahan, terbentuk partikel tulang baru dan tulang lama akan digantikan.

Kecepatan pembentukan dan peningkatan massa tulang paling tinggi terjadi pada usia muda. Massa tulang pada kebanyakan orang akan memuncak di usia 30 tahun, setelah itu tulang tetap mengalami penggantian. Namun secara perlahan massa tulang akan berkurang karena kecepatan pembentukan partikel tulang baru lebih lambat dari  jumlah tulang lama yang seharusnya digantikan.

Osteoporosis, yaitu kondisi dimana tulang menjadi lemah dan mudah rapuh. Hal ini tergantung pada seberapa besar simpanan massa tulang anda sampai mencapai umur 30 tahun dan seberapa cepat anda kehilangan massa tulang setelahnya. Semakin banyak massa tulang yang anda kumpulkan maka osteoporosis tak akan terjadi.

osteoporosis Apa Saja Yang Mempengaruhi Kesehatan Tulang

Sebenarnya banyak faktor yang mempengaruhi kondisi kesehatan tulang. Dimulai dari pola hidup seseorang sampai pada faktor genetik. Beberapa faktor itu adalah :

Rokok

Peneliti menyebutkan racun dalam rokok melemahkan tulang.

Alkohol

Alkohol dapat menurunkan kemampuan tubuh dalam menyerap kalsium. Mengkonsumsi minuman beralkohol lebih dari 2 kali sehari meningkatkan resiko terkena osteoporosis.

Jumlah konsumsi kalsium

Kekurangan jumlah kalsium dalam menu makanan dapat menyebabkan berkurangnya kepadatan tulang, kehilangan massa tulang lebih dini dan meningatkan resiko patah tulang.

Aktifitas fisik

Orang yang jarang melakukan aktifitas fisik seperti olahraga misalnya, lebih beresiko terkena osteoporosis dibanding yang cukup aktif melakukan aktifitas fisik.

Jenis kelamin

Wanita lebih berpotensi terkena osteoporosis.

Berat badan

Orang  dengan badan yang terlalu kurus( mass body idex 19 atau kurang) bisa beresiko.

Genetik

Jika memiliki orang tua yang terkene osteoporosis maka anda lebih beresiko terutama  jika keluarga anda mempunyai sejarah mudah patah tulang.

Ras

Anda lebih beresiko bila keturunan orang kulit putih dan keturunsn asia.

Kadar hormon

Terlalu banyak hormon tiroid dapat menyebabkan kehilangan massa tulang. Menurunya hormon estrogen saat menopause juga meningkatkan kehilangan massa tulang secara dramatis dan kekurangan hormon testosteron pada pria menyebabkan hal yang sama.

Pengobatan

Penggunaan jangka panjang corticostreoid seperti prednisone, cortisone, prednisolone dan dexamethasone akan merusak tulang.

Penyakit (Bulimia dan anorexia)

Akibat pembedahan perut, bedah menurunkan berat badan dan penyakit lainya mempengaruhi penyerapan kalsium tubuh.

Beberapa Langkah Menjaga Kesehatan Tulang

Sebenarnya tidak terlalu sulit dalam menjaga kesehatan tulang. Berikut adalah hal-hal yang dapat dilakukan:

  • Hindari rokok dan minuman beralkohol
  • Lakukan aktifitas fisik secara rutin
    Jalan kaki, joging, naik tangga, dan aktifitas olahraga lain akan membantu meningkatkan kekuatan tulang dan memperlambat kehilangan massa tulang.
  • Konsumsi makanan cukup kalsium
    Sumber kalsium yang baik yaitu brokoli, ikan sarden, kacang kedele, sayuran hijau dll. Menurut Recomended Dietary Allowance (RDA), jumlah konsumsi kalsium untuk dewasa usia 19-50 tahun sebanyak 1000 mg per hari sama jumlahnya pada pria usia 51-70 tahun. 1200 mg per hari untuk wanita diatas 50 tahun dan pria diatas 70tahun.
  • Konsumsi cukup vitamin D
    Vitamin D diperlukan tubuh untuk membantu penyerapan kalsium. Sumber vitamin D yaitu minyak ikan, kuning telur, susu kemasan dll. Konsumsi untuk dewasa 19-70 600 IU perhari dan meningkat menjadi 800 IU perhari untuk usia diatas 71 tahun.

Penulis: jopik

Foto Profil dari jopik

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...