Kesehatan / Pola Hidup / Hebatnya Manfaat Tidur Siang

Hebatnya Manfaat Tidur Siang

Kita kurang menyadari ternyata tidur siang yang singkat dapat memberikan manfaat yang besar . Berikut akan dibahas beberapa manfaat dari tidur siang.

 1. MENCEGAH PENYAKIT JANTUNG

Resiko penyakit jantung dan stroke bisa diturunkan dengan melakukS2an tidur siang singkat selama 20-40 menit setiap hari.

Dalam sebuah penelitian menunjukan hasil bahwa orang yang tidur siang paling tidak 30 menit selama 3 kali sehari dalam kurun waktu satu minggu dapat menurunkan resiko terserang penyakit kardiovaskular (jantung) sebesar 37%.

2. MENINGKATKAN  DAYA INGAT OTAK S1

Meningkatnya daya ingat otak ini terjadi pada fase slow-wave sleep yang terjadi saat kita tidur siang. “Tidur siang selama 45 menit dapat meningkatkan daya ingat”, inilah hasil yang ditemukan dalam penelitian yang dilakukan pada tahun 2008.

Pada penelitian terbaru UC Berkeley memperkuat hipotesis bahwa tidur dibutuhkan untuk menghapus ingatan otak jangka pendek yang telah diserap dan membuat ruang kosong untuk informasi baru.

Studi lainya menyebutkan orang yang melakukan tidur siang 20% lebih baik dalam ingatan (memori) daripada mereka yang berolahraga seperti dilansir Fox News(2/6).
Penelitian di Harvard University juga menemukan bahwa dengan tidur siang 60-90 menit memberikan manfaat yang sama dengan tidur malam, apalagi jika keduanya dipadukan, maka hasilnya dua kali lebih efektif, sedangkan tidur malam sendiri memberikan efek meningkatkan daya belajar.Jadi jika ditambah tidur siang maka efektifitas daya ingat menjadi dua kali lipat.

3. MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS KERJA

Setelah anda melakukan aktfitas sejak pagi hingga siang hari, baik melakukan aktifitas fisik maupun pikiran, umumnya badan menjadi lelah dan produktivitas dengan sendirinya menurun. Maka sebaiknya anda luangkan waktu untuk tidur siang yang dapat menyegarkan kembali semangat bekerja anda dan kembali menjadi produktif.

4 MENURUNKAN TINGKAT STRESS

Stres diakibatkan oleh meningkatnya kadar hormon stres yang disebut kortisol. Pada sebuah penelitian ditemukan bahwa hormon kortisol secara signifikan mengalami penurunan setelah anda tidur siang. Penelitian lain di jerman menyebutkan bahwa pada sekelompok pilot pesawat yang tidur kurang dari 7 jam dalam semalam kadar kortisolnya bertambah tinggi dan bertahan dalam waktu dua hari. Akan tetapi ketika mereka sempat tidur siang walaupun sebentar, kadar kortisolnya berkurang setengahnya.

5. MENGHILANGKAN BAD MOOD

Kelelahan baik fisik maupun  pikiran sering membuat psikologis anda terganggu. Akibatnya anda terpicu untuk mudah marah, kurang peduli atau mudah tersinggung. Dengan tidur siang anda akan lebih mudah mengendalikan sisi psikologis tersebut lebih baik.

 

Penulis: jopik

Foto Profil dari jopik

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...