Kesehatan / Kanker / Depresi Dan Stres Memicu Kanker

Depresi Dan Stres Memicu Kanker

Dalam tahun-tahun terakhir terdapat bukti yang kuat yang menunjukan adanya hubungan antara depresi dan kanker. Peneliti medis telah mengetahui bahwa depresi berkaitan dengan  buruknya perbaikan d3DNA yang rusak, dan menurunya proses apoptosis, atau kematian sel-sel yang merupakan gerbang menuju berkembangnya kanker.

Kebanyakan karsinogen (zat penyebab kanker) menyebabkan terjadinya kanker dengan cara merusak DNA yang ada di dalam sel dan menyebabkan terjadinya reproduksi sel menjadi tidak normal. Itulah sebabnya sangat penting bagi tubuh untuk bisa tetap mempertahankan kemampuan memperbaiki DNA dan menghancurkan DNA yang rusak.

Apoptosis adalah proses yang menyebabkan  sel abnormal mati dan dibuang keluar dari tubuh. Seperti yang telah dijelaskan di depan , hampir setiap orang punya sel kanker di tubuhnya, namun kita tidak kena kanker  karena apoptosis mengakibatkan sel-sel ini mati dan dikeluarkan dari tubuh sama seperti racun atau benda asing lain yang  masuk kedalam tubuh. Apoptosis adalah cara tubuh yang paling penting dalam menekan  pertumbuhan sel kanker. Depresi mengurangi aktivitas  sel pembunuh alamiah (natural killer cell), dengan demikian membuat tubuh menjadi leih sulit untuk menghancurkan dan menghilangkan sel-sel abnormal. Dengan demikaian secara tidak langsung mempengaruhi perkembangan sel kanker menjadi tumor.

Sebagai tambahan, stres mempengkaruhi aktivitas sel pembunuh alamiah, mengurangi fungsi dari sel-sel ini dalam menghancurkan sel-sel tumor, juga sel-sel yang terinfeksi virus. Padahal depresi dan stres sangat berhubungan. (dikutip dari : The Miracle Mind Body Medicine,Dr.Adi W.Gunawan,CCH)

Penulis: jopik

Foto Profil dari jopik

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...