Kesehatan / Lain-lain / Tips Terapi Tidur Berkualitas untuk Kesehatan

Tips Terapi Tidur Berkualitas untuk Kesehatan

Terapi Tidur Berkualitas

Seberapa pentingkah terapi tidur berkualitas untuk kesehatan ataupun meningkatkan kebugaran? Mungkin banyak diantara kita yang menganggap tidur sebagai hal alamiah sehingga menjadi hal yang lumrah sehingga tak perlu diperhatikan. Apalagi bagi para pekerja keras, wanita karier, maupun pelaku bisnis, tidur merupakan urusan belakangan setelah pekerjaan selesai, meski harus lembur hingga larut malam.

Tidur sebenarnya lebih dari sekedar kebutuhan tubuh, melainkan tuntutan tubuh yang mesti dilaksanakan. Tubuh mungkin akan melakukan protes dan aksi unjuk rasa bila kebutuhan tidurnya berkurang atau tidak terpenuhi dengan baik.

Tak sedikit orang yang jengkel karena tidak dapat tidur dengan baik setelah begitu lelah seharian bekerja. Porsi tidur yang kurang akhirnya mempengaruhi dan menurunkan kondisi kejiwaan, tubuh pun menjadi tidak bergairah, emosi mudah tersinggung, mudah marah, dan juga menyebabkan menurunnya sensitivitas terhadap kondisi di sekitarnya.

Pola tidur yang baik merupakan hal yang sangat penting dan utama untuk menjaga kondisi tubuh. Tanpa pola tidur yang sehat, kelelahan anda setelah bangun tidak akan hilang sehingga Anda akan merasa frustrasi. Apalagi kalau anda sudah mengalami stres, akan terjadi yang namanya ketidakmampuan dan gangguan tidur yang akurat dan sengaja.

Melakukan latihan atau relaksasi sebelum Anda tidur dapat membantu mengatasi stres, mengurangi ketegangan, serta mendorong terciptanya tidur yang lebih sehat tidur. Berikut beberapa tips untuk mengoptimalkan kualitas tidur sebagai terapi tidur berkualitas  untuk kesehatan.

  1. Hindari makan menjelang tidur, terutama makanan padat, sebab makanan tidak akan diolah dengan baik oleh lambung saat tidur. Tidur merupakan momentum bagi tubuh untuk beristirahat dan melakukan perbaikan jaringan yang rusak. Kalaupun lapar, sebaiknya makan buah saja, itupun sebaiknya dilakukan setidaknya 2 jam sebelum tidur.
  2. Hindari minum banyak menjelang tidur agar tidak mengganggu proses tidur anda akibat ingin buang air kecil. Kalaupun haus, minumlah secukupnya saja dan lakukan 2 jam sebelum waktu tidur.
  3. Tidurlah dengan alas tidur yang cenderung rata dan di tempat yang nyaman untuk menghindari terganggunya tulang belakang.
  4. Apabila mengalami sulit tidur, hindari minum obat tidur karena justru dapat mengganggu sensitivitas tubuh terhadap kebutuhan alami tidur. Sebaiknya tenangkan pikiran sambil mendengarkan alunan musik yang lembut atau dengan mengkondisikan suasana kamar dengan aroma wewangian dari herbal.
  5. Lakukan olah raga ringan secara rutin dan kontinyu, seperti senam, jogging, atau olah raga ringan lainnya sedikitnya 3 kali seminggu karena dapat membantu proses relaksasi saat tidur serta mendukung keberhasilan terapi tidur berkualitas untuk kesehatan.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...