Kesehatan / Lain-lain / Tips Perawatan Kulit Sehat

Tips Perawatan Kulit Sehat

Perawatan Kulit SehatPerawatan kulit sehat secara rutin merupakan syarat mutlak bila anda tidak ingin risih dengan berbagai jamur kulit mapun penyakit kulit yang kerap membuat kita jengkel. Banyak sekali jenis maupun jumlah jamur kulit yang mengancam di sekitar kita. Dari panu, kadas, hingga rasa gatal di kulit siap menyerang saat kulit kita kotor.

Ada dua lapisan yang meyelimuti tubuh kita, yakni lapisan kulit jangat atau dermis dan kulit ari atau epidermis. Kulit ari ada di bagian luar yangjuga terbagi atas lapisan tanduk di bagian atas dan lapis benih yang berada dibawahnya yang berfungsi untuk membuat sel-sel epitel baru. Kulit ari sangat penting karena berfungsi untuk melindungi organ tubuh, baik dari benturan maupun dari paparan pengaruh dari luar tubuh.

Pada kulit ari ini juga terdapat pigmen melanin yang memberi warna pada kulit dan berguna dalam melindungi tubuh dari pengaruh cahaya ultraviolet, baik dari sinar matahari maupun terpaan zat atau bahan-bahan berbahaya lainnya.

Sedangkan kulit jangat merupakan jaringan ikat yang tersusun dari pembuluh darah dan saraf-saraf yang banyak sekali jumlahnya. Di sini terdapat kelenjar keringat yang merupakan alat ekskresi untuk membuang zat-zat sampah dalam bentuk keringat. Setiap orang mengeluarkan keringat rata-rata 2 liter setiap hari. Namun jumlah ini berbeda-beda untuk setiap orang tergantung dari aktivitas yang dilakukan maupun proses metabolisme dalam tubuhnya.

Cara Perawatan Kulit Sehat

Keringat mengandung sejumlah unsur, seperti air, garam, dan zat sisa buangan tubuh. Bila kulit tidak cepat dibersihkan, maka jamur yang beterbangan di udara akan menempel dan melakukan penetrasi sehingga menyebabkan terjadinya penyakit kulit. Penyaki kulit makin mudah terjadi pada jenis kulit berminyak .

Keringat segar itu sendiri sebenarnya tidak berbau. Munculnya bau badan tak sedap terutama akibat bakteri jamur yang menempel dan bercampur dalam keringat. Jamur ini umumnya menyukai di sekitar lipatan tubuh, seperti pada ketiak, lipatan kaki, sekitar p4yu-d4-ra, dan sekitar s3lang-k4ng-an. Tak jarang bau badan tak sedap diikuti dengan rasa gatal.

Lantas bagaimana cara perawatan kulit sehat yang benar? Mudah saja, mandilah dengan menggunakan sabun anti septik maupun anti bakteri terutama setelah berolah raga atau melakukan pekerjaan berat yang mengeluarkan keringat banyak.

Deodoran yang terbuat dari campuran wangi-wangian dengan zat anti kuman juga dapat digunakan untuk menekan sisa kuman dan jamur kulit. Itulah perawatan kulit sehat yang cukup sederhana namun efektif untuk menangkal jamur dan bau tak sedap.

 

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...