Kesehatan / Lain-lain / Tips Merawat Gusi Berdarah

Tips Merawat Gusi Berdarah

Tips Merawat Gusi BerdarahTips merawat gusi berdarah merupakan cara terbaik untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit yang dapat terjadi. Untuk mengenali cukup mudah, bila saat bersikat gigi anda mendapatkan adanya darah dalam sikat gigi anda maka waspadailah sebagai pertanda terjadinya penyakit gusi berdarah. Meskipun demikian adanya darah bisa saja akibat sikat anda yang terlalu keras dan bukan merupakan tanda penyakit.

Penyakit gusi berdarah dalam banyak kasus sering terjadi tanpa disertai rasa nyeri atau ngilu maupun adanya gejala awal. Penyakit ini terjadi akibat peradangan pada gusi, terutama karena adanya bakteri yang menumpuk pada gusi maupun di dalam ruang di sela-sela antara gigi dan gusi. Bakteri ini muncul karena gigi tidak dibersihkan dengan tuntas terutama dari berbagai sisa makanan sehingga menimbulkan plak gigi.

Plak gigi merupakan lapisan tipis yang berasal dari sisa makanan yang bercampur dengan bakteri yang mengeras dan menjadi karang gigi atau tartar. Karang gigi inilah yang menyebabkan terjadinya iritasi pada gusi sehingga menimbulkan peradangan, yang lama kelamaan menjadi merah dan berdarah.

Tips Merawat Gusi Berdarah

Berikut beberapa tips merawat gusi berdarah untuk menjaga kesehatan gigi.

  • Lakukan perawatan gigi dengan bersikat gigi secara baik dan benar meskipun Anda masih menderita penyakit gusi berdarah, Pilih dan gunakan sikat gigi yang lembut agar gusi tidak terlalu sakit saat tergores sikat gigi.
  • Untuk membersihkan dan menjangkau sisa makanan di daerah yang tidak dapat dijangkau dengan sikat gigi, anda dapat menggunakan benang khusus untuk membersihkan gigi ataupun dengan flos dental.
  • Saat bersikat gigi, lakukan pemijatan secara ringan dengan menekan dengan jari di sekitar gusi yang berdarah untuk membantu mengurangi sakit dan menghentikan pendarahan yang terjadi.
  • Segera periksakan ke dokter gigi jika setelah beberapa hari gusi masih mengeluarkan darah. Mungkin plak gigi anda yang telah mengeras akan dibersihkan oleh dokter gigi dengan menggunakan alat khusus.
  • Untuk perawatan gigi yang baik, lakukan sikat gigi secara merata dan menyeluruh, terutama di sela-sela gigi dan sekitar akar gigi, dan usahakan plak gigi ikut tersikat agar tidak merangsang timbulnya bakteri. Itulah tips merawat gusi berdarah yang semoga berguna untuk anda.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...