Kesehatan / Alternatif / Tips Mengatasi Penyakit Asma Secara Alami

Tips Mengatasi Penyakit Asma Secara Alami

Mengatasi Penyakit Asma Secara AlamiAdakah cara atau tips mengatasi penyakit asma secara alami mengingat menurut kedokteran modern obat untuk penyakit ini belum ditemukan? Pengobatan maupun penyembuhan penyakit kronis menahun ini selama ini dilakukan sebatas untuk menekan potensi serangannya. Karena itu pula kita sering menyaksikan penderita asma selalu setia ditemani alat hisap bantu pernafasan.

Serangan terhadap penderita asma terjadi bila bahan atau zat alergi terhirup masuk pernafasan sehingga menyebabkan sesak nafas yang akut. Pada serangan ini otot-otot bronchial dalam paru-paru akan mengejang dan jaringan yang melapisi saluran pernafasan akan mengeluarkan lendir diikuti terjadinya peradangan. Setelah itu saluran pernafasan akan mengecil menyebabkan penderita mengalami kesulitan untuk bernafas.

Banyak pemicu atau faktor penyebab terjadinya penyakit asma. Nah, salah satu bentuk penanganan penyakit asma adalah dengan mengenali faktor penyebab terjadinya alergi, seperti misalnya alergi terhadap bau belerang, kapas, atau bau rokok, maka penderita juga mesti menjauh dari semua factor pemicu tersebut.

Herbal untuk Penyakit Asma

Herbal merupakan alternatif pengobatan alami yang dapat diberikan untuk menekan dan mengatasi penyakit asma secara alami, meskipun mungkin membutuhkan waktu yang agak lama untuk proses penyembuhannya. Diantaranya adalah madu dan jahe yangdiketahui sangat baik untuk asma karena dapat membantu mengencerkan dan membuang lendir yang menghambat aliran udara dalam sistem pernafasan serta menghentikan peradangan.

Madu dan jahe merupakan dua bahan obat alami yang cukup efektif untuk menekan penyakit asma. Bahan herbal ini pun fleksibel dan dapat dicampurkan dengan ramuan herbal lainnya. Jahe misalnya, jika dicampur dengan herbal lainnya akan berfungsi sebagai ekspektoran yang membantu menghilangkan lendir dari pernafasan. Namun karena asma dipicu oleh berbagai faktor yang berbeda, sehingga mungkin saja akan efektif untuk seseorang namun kurang efektif untuk penderita lainnya.

Berikut tips membuat ramuan jahe untuk meringankan mengatasi penyakit asma secara alami:

  • Blender dan jus jahe segar yang telah dikupas kulitnya dengan ditambahkan air secukupnya dan saring airnya. Lalu tambahkan madu dan minum sehari sekali.
  • Anda juga dapat membuat ramuan dengan cara memasak campuran dari setengah sendok teh jahe segar, satu sendok teh biji jinten, sedikit pala, dan segelas air hingga mendidih. Lalu saring dan minum airnya selagi hangat sebagai upaya mengatasi penyakit asma secara alami.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...