Kesehatan / Ibu dan Anak / Tips Membuat Jus Makanan Sehat untuk Balita

Tips Membuat Jus Makanan Sehat untuk Balita

Makanan Sehat untuk Balita

Jus Makanan Sehat untuk Balita

Bagaimana sih cara atau tips membuat jus makanan sehat untuk balita? Bayi yang telah berumur 6 bulan umumnya telah siap untuk mendapt makanan tambahan. Namun sebagai ibu, anda sebaiknya tidak memberikan makanan tambahan secara sembarangan yang justru akan merugikan balita anda. Apalagi saat ini banyak sekali jenis makanan tambahan instan buatan pabrik yang begitu mudah disajikan.

Untuk itu anda perlu memahami manfaat dan tujuan pemberian makanan tambahan untuk bayi anda. Pemberian makanan tambahan perlu dilakukan secara bertahap mengingat sistem pencernaan bayi yang masih lemah. Hindari memberikan makanan padat yang malah dapat menyebabkan bayi mengalami gangguan pada pencernaan atau diare.

Makanan tambahan juga perlu divariasi untuk melatih lidah bayi dalam merasakan berbagai rasa serta untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi. Jika anak anda menolah salah satu jenis makanan, olah dan campur dengan sayuran atau buah lain yang lebih manis dan berwarna menarik.

Untuk menyajikan bubur atau jus makanan sehat untuk balita sesuai tahapan umur bayi anda, berikut beberapa tips yang sebaiknya Anda perhatikan.

Bayi 6-7 bulan: Ini tahap untuk mengenalkan lidah dan pengecapan bayi dengan makanan yang masuk. Berikan makanan dari jenis buah dan sayuran saja yang teksturnya lembut, seperti pisang, apel, papaya, melon, wortel, tomat, brokoli, atau daun bayam. Hindari memberikan makanan berat, seperti kentang, bubur nasi, atau ubi-ubian.

Bayi 7-9 bulan: Perkenalkan bayi dengan makanan yang lebih padat. Pilih sayuran yang banyak mengandung pati, seperti kentang, jagung manis, ataupun labu kuning untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat bayi. Sedangkan untuk kebutuhan protein, mineral, dan vitamin, anda dapat memberikan buah, sayuran, kacang-kacangan, ikan laut tanpa duri, dan tempe atau tahu secara bervariasi. Variasikan juga dengan buah dan sayuran dan hindari memberikan protein hewani yang berat, seperti daging ayam atau sapi.

Bayi 9-12 bulan: Pada periode ini anda dapat mulai menyajikan jus atau bubur dari makanan yang agak padat. Seperti jus atau bubur dari dari umbi-umbian, hati ayam, dan daging ayam atau sapi untuk memenuhi kebutuhan sumber tenaga untuk balita anda. Untuk meningkatkan nasfu makan anak, tetap variasikan jus makanan sehat untuk balita anda dengan bahan makanan lain yang manis dan disukai anak.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...