Kesehatan / Ibu dan Anak / Tips Kesehatan Ibu Hamil yang Bekerja

Tips Kesehatan Ibu Hamil yang Bekerja

Kesehatan Ibu Hamil yang BekerjaTips kesehatan ibu hamil yang bekerja ini mungkin penting diketahui jika anda adalah wanita karier yang cukup sibuk dengan pekerjaannya. Bekerja saat hamil bukanlah kondisi lumrah dan membutuhkan kesiapan mental yang baik. Apalagi pemeliharaan kesehatan ibu hamil masih sering terabaikan dan kurang mendapatkan perhatian yang layak. Hal ini ditandai dengan masih tingginya angka kematian bayi maupun angka kematian ibu saat melahirkan.

Sebuah sikap yang bijak jika seorang ibu dinyatakan hamil untuk melakukan perubahan mendasar, terutama dalam menjaga dan mempersiapkan diri menyambut kedatangan calon anggota keluarga baru. Apalagi jika anda adalah wanita karier, tokoh masyarakat,ataupun aktivis organisasi yang tentunya snagat padat dengan berbagai aktivitas.

Lantas bagaimana tips kesehatan ibu hamil yang bekerja atau cara memelihara janin sementara pekerjaan tak boleh terabaikan? Berikut sejumlah hal yang mungkin berguna untuk anda dalam memelihara janin maupun kesehatan selama kehamilan.

  1. Untuk anda yang bekerja, anda tak perlu berhenti kerja. Yang perlu lebih penting dilakukan adalah mengurangi gerakan fisik, aktifitas rutin, ataupun jumlah jam kerjanya. Kalau pun tidak mungkin, anda dapat mengganti aktivitas fisik dengan kegiatan lain, seperti bekerja di belakang meja.
  2. Kelelahan fisik sangat berisiko terhadap keguguran, sehingga ibu yang hamil harus cukup istirahatnya atau sering-sering beristirahat atau melakukan refreshing di sela-sela aktivitas kerjanya. Diantaranya anda dapat merebahkan badan, tiduran, ataupun sekedar menghirup udara segar di luar kantor setiap 1 atau 2 jam sekali.
  3. Anda harus siap dengan kesabaran dan pikiran yang tenang dalam menghadapi stress maupun ketegangan saat bekerja. Mintalah keringanan kepada atasan terhadap target-target pekerjaan dan lepaskan beban kerja dan berpikrilah secara jernih bahwa pekerjaan anda tidak lebih penting dari calon bayi yang ada dalam kandung anda.
  4. Dukungan suami ataupun keluarga sangat menunjang kesehatan ibu hamil dari berbagai tekanan dan ancaman saat kerja. Karena itu mintalah dukungan suami maupun keluarga dalam mengkondisikan suasana yang kondusif di rumah agar tidak menambah lelah fisik dan pikiran anda setelah pulang kerja. Itulah sedikit tips kesehatan ibu hamil yang bekerja yang sederhana namun semoga berguna untuk anda yang sedang meniti karier tanpa meninggalkan kewajibannya sebagai perempuan.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...