Kesehatan / Diet / Tips Diet Sehat dengan Gizi Seimbang

Tips Diet Sehat dengan Gizi Seimbang

Tips diet sehatBagaimana sih cara atau tips diet sehat yang efektif sekaligus aman? Diet masih kerap kali dipahami sebagai cara menurunkan berat badan dengan cara mengurangi porsi makan. Sehingga sering kita dengar adanya orang yang pantang makan menjelang tidur atau menghindari sarapan pagi. Padahal tubuh membutuhkan energy yang cukup untuk melaksankan berbagai aktivitas.

Setiap orang tentu membutuhkan kalori untuk melakukan berbagai kegiatan. Namun kebutuhan kalori setiap orang tentu saja berbeda-beda tergantung jenis kelamin, umur, maupun jenis aktivitasnya. Meskipun dua wanita mempunyai umur yang sama namun kalau kegiatannya berbeda tentunya juga membutuhkan jumlah kalori yang berlainan pula. Pengertian diet sehat mestinya dipahami dalam konteks yang demikian.

Kebutuhan kalori wanita umumnya lebih rendah ketimbang kaum laki-laki. Kalau pria membutuhkan kalori rata-rata 2.500 kalori per hari, wanita hanya membutuhkan sekitar 2.200 kalori perhari. Jumlah kalori ini dapat meningkat atau menurun tergantung aktivitas yang kita lakukan. Makin dinamis kegiatan kita tentunya membutuhkan asupan kalori yang lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Begitu juga sebaliknya jika kita banyak menganggur.

Tips Diet Sehat Alami

Tips diet sehat yang efektif dapat dilakukan dengan memperhatikan kebutuhan tubuh terhadap asupan kalori. Caranya, pilih makanan sehat yang bergizi sebagai pengganti porsi makan. Cara ini tidak akan membuat tubuh menjadi loyo dan mengganggu aktivitas harian, namun cukup efektif menurunkan berat badan karena mendasarkan pada gizi yang seimbang.

Lantas bagaimana cara memilih makanan sehat bergizi untuk diet sehat? Berikut beberapa jenis makanan yang pelru diperhatikan dalam tips diet sehat ini, yaitu :

Zat Tenaga: Kalau anda berniat mengganti konsumsi beras sebagai sumber tenaga, anda dapat memilih ubi jalar ungu sebagai menu makanan sehat untuk diet. Makanan ubi ini memiliki kandungan banyak gizi yang sangat bermanfaat untuk program diet karena sangat kaya dengan vitamin A namun rendah kolesterol (bahkan mendekati nol), rendah sodium, dan juga rendah gula.

Zat Pengatur: Pilih buah apel dan wortel sebagai menu diet untuk memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin sebagai zat pengatur. Apel merupakan buah rendah kalori dan mengandung protein, kalsium, fosfor, zat besi, pektin, hidrat arang, vitamin A, B, C. Wortel juga dikenal rendah kalori namun kaya vitamin B dan C, protein, kalsium, fosfor, hidrat arang, dan zat besi.

Zat Pembangun: Pilih makanan dari jenis kacang-kacang yang kaya serat, susu dan produk turunan hewani yang rendah lemak untuk memenuhi kebutuhan zat pembangunan. Karena lemak juga dibutuhkan tubuh, pilihlah jenis makanan yang mengandung lemak baik saja dengan menghindari lemak jenuh. Itulah tips diet sehat dengan cara gizi seimbang.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

One comment

  1. apa yang menjadi pembeda paling mendasar dalam program diet terutama pemilihan sumber karbohidrat sehingga dalam artikel diatas lebih baik memilih ubi jalar? karena yang saya tahu beras juga rendah kolesterol…

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...