Kesehatan / Ibu dan Anak / Tips Cara Mengatasi Diare Anak

Tips Cara Mengatasi Diare Anak

Cara Mengatasi Diare AnakBagaimana tips atau cara mengatasi diare anak? Diare merupakan gejala terjadinya masalah dalam sistem pencernaan yang diperlihatkan melalui buang air besar (BAB) dalam bentuk cairan, baik disertasi atau tanpa lendir yang berlangsung terus menerus atau lebih dari 3 kali sehari.

Untuk mengatasi penyakit diare anak, maka orang tua terutama ibu perlu mengenali gejala yang tampak, seperti apakah diare tersebut disertasi dehidrasi atau tanpa gejala dehidrasi, sehingga obat yang diberikan dapat memberikan hasil yang optimal.

Pada diare yang tidak disertasi gejala dehidrasi, umumnya kondisi tubuh maupun mata anak terlihat normal dan baik-baik saja. Anak juga tidak merasa kehausan, mulut dan lidah anak juga terlihat basah, dan dapat minum seperti biasa. Sebaliknya, untuk diare yang disertai dehidrasi akan timbul tanda-tanda anak yang rewel dan mengalami kegelisahan, anak seperti selalu merasa kehausan dan ingin selalu minum air, air mata tidak terlihat, mata seperti cekung, mulut dan lidah anak juga terasa kering.

Begitu juga untuk anak yang menderita diare dengan dehidrasi berat, maka anak akan mengalami gejala lunglai, lesu, hingga tidak sadarkan diri. Selain itu, pada mata anak akan terlihat sangat cekung dan kering, begitujuga mulut dan lidahnya tampak kering sekali. Pada kondisi yang sudah parah, anak akan merasa malas ataumengalami kesulitan untuk minum meskipun sangat kehausan,

Nah, lantas bagaimana cara mengatasi diare anak? Berikut sejumlah langkah yang perlu dilakukan orang tua atau ibu untuk mengatasi hal itu

  1. Untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, berikan air minum sebanyak mungkin terutama setiap selesai BAB.
  2. Bila anak mengalami muntah yang menyertai diare, orang tua harus tetap menjaga agar anak tidak mengalami dehidrasi dengan memberikan air minum setelah muntah sedikit demi sedikit. Setidaknya air minum diberikan sebanyak 1 atau 2 sendok makan dan terus diulangi tiap 5 menit.
  3. Untuk mempercepat proses penyembuhan, berikan kompres dengan air hangat pada perut dan tulang belakang di atas pantat. Juga lakukan pemijitan ringan di sekitar bagian atas pantat anak tersebut.
  4. Berikan pengobatan berupa madu yang dicampur air kelapa muda sekitar 3 kali sehari.
  5. Hentikan untuk sementara pemberian makanan hingga diare mulai membaik. Setelah itu ibu dapat memberikan makanan bubur encer yang dicampur madu juga. Namun jika cara mengatasi diare anak tersebut tidak membuahkan hasil dan diare bertambah parah hingga lebih dari 3 hari, segera bawa anak ke dokter untuk ditangani secara medis.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...