Kesehatan / Ibu dan Anak / Tips Alami Mengatasi Batuk Anak

Tips Alami Mengatasi Batuk Anak

mengatasi batuk anakAnda bingung mengatasi batuk anak anda? Sudah diberikan obat batuk dari dokter maupun beli di apotik namun batuk masih saja bandel dan tak mau hilang? Batuk merupakan salah satu jenis penyakit yang kerap menyerang anak-anak, terutama yang maish berumur di bawah 5 tahun alias balita. Sebagai orang tua, tentu kita sering sedih melihat anak-anak seperti tersiksa dengan penyakitnya itu.

Penyakit batuk memang ada beberapa jenis, ada batuk kering dan ada juga batuk basah yang disertai flu. Batuk yang dialami anak-anak umumnya adalah batuk pilek yang menyerang secara bersamaan atau setelah anak terserang flu dan pilek.

Daya tahan tubuh anak sebenarnya tergantung pola asuh maupun pola makan yang diberikan orang tuanya. Para ahli kesehatan dan dokter sering menekankan pentingnya pemberian gizi seimbang dan pola makan 4 sehat 5 sempurna untuk konsumsi anak-anak kita. Menu makanan dari sayuran dan buah-buahan yang cukup juga sangat baik untuk pertumbuhan dan daya tahan tubuh anak. Dengan gizi yang cukup, sebenarnya anak telah memiliki ketahanan yang cukup baik dalam menghadapi perubahan cuaca maupun radikal bebas yang banyak berkeliaran di sekitar kita.

Resep Alami Untuk Mengatasi Batuk Anak

Batuk sesungguhnya merupakan mekanisma alami tubuh dalam menolak toksin, radikal bebas, maupun racun yang masuk ke dalam tubuh anak. Batuk juga merupakan respon sebagai karunia Tuhan untuk mengeluarkan benda-benda asing yang tak diinginkan.Namun jika toksin yang masuk terlalu banyak sementara daya tahan tubuh menurun, maka terjadilah penyakit tersebut.

Untuk mengatasi batuk anak, sebenarnya anda tak perlu terlalu terburu-buru membawanya ke dokter atau memberikannya obat batuk yang dibli di apotik. Apalagi tubuh anak yang masih lemah, sebaiknya hindari penggunaan obt-obat kimia yang tidak perlu. Nah, bagaimana tips alami mengatasi batuk anak, berikut tahapan dan resepnya:

  1. Siapkan jahe, laos, dan kayu manis masing-masing sebesar ibu jari, daun sirih 6 lembar, serai 2 batang, dan cengkeh sedikit saja. Lalu masak semua bahan itu dengan 4 gelas air hingga tinggil setengahnya. Saring dan tuangkan ke dalam gelas. Tambahkan madu 2 sondok makan dan minumkan ke anak pada pagi dan malam hari.
  2. Untuk membantu proses penymbuhan, buat dan berikan minuman jus jeruk plus madu. Kalau perlu tambahkan juga royal jelly dan berikan dua kali sehari pada pagi da malam hari. Sedangkan untuk membuang lendir dahak atau pileknya, berikan minuman hangat sesering mungkin.
  3. Untuk meringankan dan melegakan pernafasan anak, ibu dapat memberikan kompres di kening dan dada anak sekitar 30 menit dengan air hangat. Untuk memperlancar proses mengatasi batuk anak bisa juga dengan mengoleskan minyak bayi di kening, dada, dan punggung anak sambil dipijit ringan.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...