Kesehatan / Diet / Menu Diet Sehat dengan Buah Sukun

Menu Diet Sehat dengan Buah Sukun

Menu Diet Sehat

Buah Sukun

Jika anda bingung menyusun menu diet sehat untuk program menurunkan berat badan, tak ada salahnya mencoba buah sukun. Selama ini kita mengenal buah sukun (artocarpus altilis) ini sebagai cemilan, baik yang dibuat keripik, direbus ataupun digoreng. Rasanya yang gurih, buah ini cukup mengenyangkan. Karena itu tak heran dimasyarakat barat menyebut buah sukun sebagai breadfruit atau buah roti yang sering dijadikan cemilan sebagai pengganti roti.

Meskipun kandungan tepungnya cukup tinggi, namun buah sukun memiliki manfaat yang cukup besar untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Manfaat buah ini antara lain menguatkan tulang dan gigi, melancarkan pencernaan, dan juga berguna meredakan sakit jantung, ginjal, liver, maupun penyakit diabetes mellitus.

Buah ini juga memiliki kandungan gizi yang cukup beragam dan penting untuk tubuh terutama karena kandungan fitokimia dari asam amino esensial, seperti methionin, lysine, histidine, isoleusin, valin, dan tryptophan. Kandungan mineral dan vitaminnya juga cukup banyak dalam buah sukun ini.

Selain itu, buah sukun juga mengandung karbohidrat yang setara dengan beras namun dengan kandungan kalori yang sangat rendah. Komposisi yang demikian tentunya sangat ideal sebagai menu diet sehat untuk menurunkan berat badan. Apalagi buah ini juga kaya akan serat yang juga sangat berguna untuk program diet.

Bahkan kandungan karbohidrat dan protein dari buah sukun juga jauh lebih tinggi dibandingkan kentang, ubi jalar, ataupun ubi kayu. Itulah keistimewaan buah sukun sebagai makanan sehat pengganti nasi untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Selain buahnya, daun sukun ternyata juga menyimpan banyak khasiat yang sangat berguna dalam dunia pengobatan. Ekstrak daun sukun diketahui mampu mengatasi sejumlah penyakit kronis, seperti untuk mengobati penyakit kuning, penyakit kulit, penyakit ginjal, sakit gigi, maupun penyakit jantung.

Suatu penelitian yang dilakukan LIPI menemukan bahwa ekstrak daun pohon sukun mempunyai khasiat untuk mengatasi dan megobati penyakit jantung. Hal ini terutama karena adanya kandungan flavanoid dan betasitoserol dalam daun sukun yang berfungsi dalam mengatasi penggumpalan darah maupun trombosit yang menghalangi aliran darah dalam jantung, maupun dalam mengatasi penimbunan lemak dalam dinding aorta.

Nah, melihat begitu besarnya manfaat buah dan daun sukun, tak ada salahnay anda memanfaatnya sebagai bagian penting menu diet sehat anda.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...