Kesehatan / Alternatif / Mengatasi Penyakit Jamur dengan Buah Labu

Mengatasi Penyakit Jamur dengan Buah Labu

Mengatasi Penyakit JamurBuah labu ternyata berkhasiat untuk mengatasi penyakit jamur. Buah dari jenis tumbuhan merambat ini selama ini sering dimanfaatkan sebagai buah kolak ataupun dibuat sayuran. Sedangkan biji buah labu banyak dimanfaatkan sebagai kuaci yang ternyata juga memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan.

Buah labu yang rasanya masam manis dengan daging buah yang tebal dan bentuknya yang besar seperti buah melon memang enak dimakan. Buah ini juga mengandungbanyak air dan serat juga sangat berguna untuk mengatasi peradangan, meredakan demam, melancarkan pencernaan, peluruh air kencing, menyembuhkan sariawan, serta mengatasi diare.

Kandungan beta karoten dan alpha hydrox-acid dalam buah ini juga berkhasiat untuk menyembuhkan migrain, sebagai anti oksidan, mengatasi penyakit ginjal dan jantung, serta mencegah penuaan dini. Begitu juga kandungan alkaloida dan mineral mikro lainnya dalam buah labu sangat bermanfaat sebagai anti kanker, untuk memperlancar pembuluh darah, mencegah pengeroposan tulang, memelihara kesegaran kulit, dan untuk meningkatkan kekebalan dan imunitas tubuh.

Banyak kandungan gizi yang terdapat dalam buah labu, diantaranya vitamin A, vitamin C, fosfor, zat besi, kalsium, dan kalium. Begitu juga kandungan energinya juga cukup tinggi, yaitu dalam 100 gram buah labu terdapat 20 hingga 34 kalori, protein 1 gram, dan lemak 0,1 gram. Sedangkan betakaroten dalam buah ini juga berguna untuk menjaga kesehatan mata serta meningkatkan imunitas tubuh.

Kulit Labu untuk Mengatasi Penyakit Jamur

Sebenarnya jenis tanaman labu (cucurbita spp) cukup banyak, namun varietas yang sering dimanfaatkan dan diolah menjadi makanan ada beberapa, termasuk jenis labu kuning, labu air, labu siam. Sedangkan yang telah masak, warna buah akan menjadi kuning.

Selain daging buahnya, biji labu juga berguna untuk mengatasi peradangan, menyembuhkan penyakit artrithis, maupun mengobati penyakit cacing. Kuaci yang gurih dibuat dari biji labu yang kaya manfaat tersebut.

Begitu juga dengan kulit buahnya juga sangat penting dengan adanya zat protein aktif. Menurut penelitian yang dilakukan para ilmuan di Chosun University, Korea Selatan, kandungan enzim ini ternyata sangat manjur dalam mengatasi penyakit jamur, seperti jamur kulit, jamur yang menyerang sekitar va-g*na, maupun jamur yang menyerang bagian tubuh lainnya.

Bahkan sejumlah perusahaan farmasi di negara itu telah mengembangkan ekstrak dari kulit buah labu dalam berbagai bentuk yang mudah dikonsumsi sebagai obat missal dalam mengatasi penyakit jamur.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...