Kesehatan / Jantung / Mendapatkan Makanan Sehat untuk Jantung Anda

Mendapatkan Makanan Sehat untuk Jantung Anda

Makanan Sehat untuk JantungKonsumsi makanan sehat untuk jantung sangat baik terutama untuk mencegah dan menjauhkan dari serangan penyakit mematikan ini. Namun untuk memilih makanan jenis tidaklah mudah sebab tidak semua makanan baik untuk jantung anda.

Berikut beberapa tips dalam memilih dan mendapatkan makanan sehat untuk jantung, terutama sebagai langkah pencegahan serangan penyakit jantung sekaligus untuk meningkatkan kesehatan Anda,

Mengkonsumsi Makan Banyak Ikan

Omega 3 dan asam lemak esensial merupakan zat yang sangat baik untuk jantung anda karena mampu menurunkan kadar kolesterol ke tingkat yang aman dan sehat. Ada beberapa jenis ikan yang mengandung Omega 3 tinggi maupun asam lemak esensial, seperti ikan herring, sarden, dan salmon. Sebenarnya ikan lain juga baik untuk jantung namun kandungan Omega 3 tidak setinggi ikan tersebut.

Pilih Lemak dan Minyak Sehat

Hindari lemak jenuh yang banyak ditemukan dalam daging, minyak kelapa, dan mentega karena dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Gantikan dengan makanan laut dan kacang-kacangan sebagai sumber utama protein. Gunakan minyak zaitun yang mengandung lemak tak jenuh tunggal untuk memasak atau sebagai campuran sauce untuk menyedapkan makanan karena minyak ini bisa membantu melindungi jantung Anda.

Makanan Banyak Serat

Konsumsi gandum karena mengandung banyak serat yang dapat membantu Anda mengontrol kolesterol, membantu proses penyerapan gula, serta membantu menjaga sistem pencernaan Anda lebih sehat.

Makanan Karbohidrat

Karbohidrat sehat banyak terdapat dalam roti gandum, pasta gandum, cokelat beras, dan berbagai jenis sayuran. Karena itu konsumsilah buah-buahan dan sayuran yang banyak mengandung karbohidrat sebagai pengganti makanan manis. Makanan manis seperti permen atau kue-kue banyak mengandung gula yang sangat tidak baik dan buruk untuk jantung Anda.

Cara Memasak yang Sehat

Cara memasak yang sehat dapat membantu melindungi jantung anda. Membuat tumis dengan menggunakan minyak zaitun atau minyak kanola (canola oil) merupakan cara yang baik untuk menghasilkan makanan sehat untuk jantung anda. Begitu juga jika anda hendak memasak ayam, hilangkan kulitnya lalu pangganglah dengan menggunakan oven foil. Begitu juga dalam memasak ikan, lebih baik dilakukan dengan memanggang, sayuran juga sebaiknya dikukus untuk menjaga kandungan nutrisi agar tidak hilang. Cara memasak yang benar dan sehat akan menghasilkan makanan sehat untuk jantung pula.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...