Kesehatan / Mata / Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata

Kesehatan MataApa saja makanan yang baik untuk kesehatan mata? Seperti kita tahu, mata merupakan indra paling penting untuk melihat dan menyaksikan dunia beserta berbagai keindahannya sehingga membangun menjadi pandangan hidup kita. Karena itu menjaga dan memelihara mata agar tetap sehat perlu senantiasa dilakukan, diantaranya dengan memberikan asupan makanan bergizi yang dibutuhkannya.

Mungkin sudah banyak diantara kita yang sering mendengar pentingnya vitamin A dalam menjaga kesehatan mata. Tak sedikit penelitian yang juga menemukan akibat kekurangan vitamin A yang dapat menyebabkan terjadinya kebutaan mata pada anak-anak. Karena itu, untuk menjaga dan merawat mata naak-anak kita, para orang tua perlu senantisa memberikan makanan yang menjadi sumber vitamin A, seperti wortel atau tomat.

Namun yang mungkin luput dari perhatian kita adalah peran dan fungsi vitamin lainnya yang juga tak kalah pentingnya dalam menjaga dan merawat mata agar tetap sehat. Vitamin C selain peranannya yang sangat dalam meningkatkan ketahanan tubuh dan menangkal radikal bebas, vitamin ini juga penting untuk melindungi retina mata maupun mencegah penyakit katarak.

Begitu juga dengan vitamin E, selama ini lebih dikenal khasiatnya dalam menangkal penyakit kanker dan jantung, sebagai anti oksidan, serta dikenal juga efektif dalam menghaluskan dan memperindah kulit. Namun selain itu, orang yang terganggu atau mengalami kerusakan pada retina mata ternyata disebabkan oleh kekurangan vitamin E. Sebab, vitamin ini sangat penting dalam memelihara fungsi retina mata agar lebih optimal.

Sejumlah penelitian juga menemukan bahwa orang yang kekurangan asupan vitamin C dan E dapat menyebabkan timbulnya gangguan maupun kerusakan pada retina mata. Gangguanini terutama terjadi akibat macula yang berfungsi meningkatkan fungsi central vision mata mengalami degenerasi.

Karena itu, untuk merawat dan memelihata kesehatan mata, berikut sejumlah buah dan sayuran yang mengandung gizi penting untuk menjaga mata agar tetap sehat.

  • Wortel sangat kaya dengan kandungan vitamin A sebanyak 3600 RE dan vitamin C sebanyak 8 mg.
  • Mangga mengadung 185 RE vitamin A dan 46 mg vitamin C.
  • Pepaya mengandung 56 RE vitamin A dan 74 mg vitamin C.
  • Paprika memiliki kandungan 875 RE vitamin A dan 103 mg vitamin C.
  • Bayam diketahui kaya dengan 1015 RE vitamin A dan 35 mg vitamin C.
  • Asparagus mengandung 125 RE vitamin A dan 13 mg vitamin C.
  • Brokoli memiliki kandungan 210 RE vitamin A dan 68 mg vitamin C.
  • Alpukat mengandung 70 RE vitamin A, 13 mg vitamin C, dan juga diketahui mengandung vitamin E.
  • Kacang panjang mengandung 295 RE vitamin A dan 27 mg vitamin C yang juga penting untuk kesehatan mata.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...