Kesehatan / Ibu dan Anak / Kepedulian Suami terhadap Kesehatan Ibu Hamil

Kepedulian Suami terhadap Kesehatan Ibu Hamil

Kesehatan Ibu HamilTahukah anda bahwa kesehatan ibu hamil ternyata sangat dipengaruhi pula oleh dukungan dan perhatian suami. Peran dan kepedulian suami selama kehamilan hingga proses persalinan mampu memberikan dorongan psikologis yang kuat bagi wanita untuk melalui masa berat tersebut dengan selamat. Kepedulian ini juga mengindikasikan kasih sayang suami dan calon ayah terhadap janin yang hendak dilahirkan tersebut.

Sebuah penelitian yang dilakukan Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) menunjukkan bahwa tingkat kepedulian suami yang tinggi ternyata mampu menekan angka kematian ibu dan bayi pada saat proses persalinan. Bahkan penelitian yang dilakukan terhadap sejumlah rumah tangga di Jawa itu memperlihatkan perbedaan tingkat kepedulian suami di sejumlah kota besar yang sangat menarik. Tingkat kepedulian suami ini berhubungan dengan harapan dan kasih sayang terhadap janin yang hendak dilahirkan maupun kesetiaan suami terhadap istrinya.

Penelitian itu menyimpulkan bahwa para suami di Yogyakarta ternyata mempunyai tingkat kesetiaan yang paling tinggi di Indonesia, sedangkan para suami di Jawa Barat tingkat kesetiaannya terhadap istri tercatat yang paling rendah. Loh kok bisa, apa saja indikatornya? Berikut beberapa indikasi yang dijadikan ukuran dalam penelitian yang dilakukan pada tahun 2002-2003 tersebut.

  • Frekuensi Suami Berbicara dengan Petugas Kesehatan: Indikator ini memperlihatkan kepedulian suami yang ditunjukkan dengan mengantarkan istri untuk melakukan pemeriksaan rutin selama kehamilan. Para suami di Yogyakarta memperoleh angka 52,8, diikuti Provinsi DKI Jakarta (47,9), Jawa Tengah (43,6), Banten (42,7), Jawa Timur (39,2), dan posisi terendah dengan angka 33,7 ditempati Provinsi Jawa Barat. Angka yang diperoleh DI Yogyakarta bahkan jauh melebihi angka rata-rata nasional yang tercatat 39,6.
  • Jenis Makanan Istri Hamil: Peran penting suami juga diperlihatkan saat memberikan masukan atau keputusan terhadap jenis dan kualitas asupan makanan yang perlu dikonsumsi istri dimana suami di DIY meraih angka 50,7, DKI Jakarta (44,8), Jawa Tengah (40,6), Banten (38,4), Jawa Timur (32,8), dan terakhir Provinsi Jawa Barat (30,2). Angka rata-rata nasional tercatat sebesar 35,0, juga jauh di bawah DIY.
  • Lama Istri Istirahat: Suami yang peduli juga berperan dalam mengambil alih banyak pekerjaan rumah yang semestinay dilakukan istri, sehingga istri dapat beristirahat selama masa kehamilan dalam waktu yang cukup. Untuk indikator ini angka tertinggi diraih Provinsi DKI Jakarta 46,4, diikuti DI Yogyakarta (45,2), Banten (40,6), Jawa Tengah (39,9), Jawa Timur (34,5), dan Jawa Barat (30,6). Sedangkan angka rata-rata nasional tercatat 35,5.
  • Prioritas Masalah Kesehatan Istri: Indikator ini memperlihatkan pengetahuan suami terhadap masalah kesehatan ibu hamil yang mesti diperhatikan, baik selama kehamilan maupun setelah persalinan. Provinsi DI Yogyakarta kembali meraih angka tertinggi 49,8, diikuti Provinsi DKI Jakarta (44,0), Jawa Tengah (41,9), Banten (40,7), Jawa Timur (37,6), dan dan Provinsi Jawa Barat 32,1. Tingkat kepedulian suami terhadap kesehatan ibu hamil di Yogyakarta jauh di atas rata-rata nasional sebesar 36,8.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...