Kesehatan / Pola Hidup / Fungsi Lambung, Stress dan Kegemukan

Fungsi Lambung, Stress dan Kegemukan

Fungsi LambungTahukah anda bahwa fungsi lambung ternyata berhubungan erat dengan masalah stress dan kegemukan. Meskipun stress merupakan hal lumrah dan konsekuensi logis sebagai manusia, namun stress yang tidak terkontrol juga justru dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit.

Lambung sangat fleksibel terhadap berbagai kondisi tubuh. Saat perut kosong, lambung akan mengkerut dan mengeluarkan asam lambung atau asam hidroklorat (HCL) sebagai isyarat berupa rasa lapar sehingga perut perlu diisi. Saat makan, lambung akan mengembang untuk mengolahnya. Begitu juga jika makanan yang masuk adalah makanan pedas atau panas, lambung akan bekerja ekstra keras. Sedangkan terhadap makanan dingin, suhu lambung menurun dan kerja lambung pun melambat.

Lambung juga peka terhadap kondisi kejiwaan. Bila marah, tubuh dirangsang untuk meningkatkan aliran darah dan merespon fungsi lambung. Begitu juga bila anda stress atau sedih, lambung akan mengeluarkan asam lambung tiga kali lebih banyak dibandingkan biasanya. Hal ini akan merangsang perut berupa rasa lapar dan bunyi keroncongan dalam perut yang menuntut minta diisi.

Karena itu ngemil dan kegemukan dapat dirunut sebagai konsekuensi logis dari stress atau rasa sedih. Sebaliknya, jika saat stress dan perut terasa lapar namun tidak ada makanan yang masuk, maka asam lambung akan mengikis dinding lambung sehingga memicu terjadinya penyakit maag.

Nah, untuk menjaga fungsi lambung dan kesehatan tubuh, ada baiknya anda memperhatikan tips sederhana berikut ini.

  1. Perhatikan dan peliharalah kesehatan lambung untuk menjaga kesehatan tubuh. Keteledoran dalam memelihara kerja lambung dapat memicu timbulnya banyak penyakit.
  2. Makanlah saat perut memberikan sinyal lapar dan pilihlah makanan yang bergizi dan dalam jumlah secukupnya sesuai kebutuhan tubuh.
  3. Kendalikan dan kontrol stress anda, jangan biarkan kesedihan menguasai jiwa anda yang justru dapat memicu kegiatan ngemil membabi buta sehingga menyebabkan kegemukan dan obesitas.
  4. Hindari minum air putih saat makan dan biarkan asam lambung yang bekerja dan mengolah zat-zat gizi dalam makanan yang masuk. Air minum yang masuk bersama makanan justru dapat menyebabkan fungsi lambung tidak optimal dalam bekerja.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...