Kesehatan / Pola Hidup / Cara dan Tips Mencegah Obesitas

Cara dan Tips Mencegah Obesitas

Anda ingin tahu cara atau tips mencegah obesitas? Seperti kita tahu obesitas atau kegemukan merupakan efek atau dampak perubahan gaya hidup manusia modern dalam mengkonsumsi makanan tidak sehat. Pencetus dan pendorong utama terjadinya obesitas adalah pola makan yang berlebihan terutama terhadap makanan yang mengandung lemak tinggi.

Tips Mencegah Obesitas

Terjadinya penimbunan lemak yang berlebihan tersebut bisa menjadi faktor risiko dan pemicu terjadinya berbagai jenis penyakit degeneratif, dari penyakit jantung koroner, hipertensi hingga berbagai penyakit berbahaya lainnya. Obesitas umumnya terjadi di masyarakat negara maju.

Namun sebuah laporan terbaru yang disampaikan Overseas Development Institute yang berkedudukan di Inggris mengungkapkan fakta menarik bahwa saat ini terdapat sekitar satu miliar orang yang hidup di negara berkembang termasuk atau dikategorikan sebagai mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Jumlah ini ternyata jauh melampaui angka yang ada di negara maju. Cina, Meksiko, dan Afrika merupakan negara dengan jumlah penduduk yang mengalami kelebihan berat badan sangat tinggi, bahkan melebihi jumlah obesitas di Inggris maupun negara-negara maju lainnya.

Meningkatnya pendapatan, terjadinya urbanisasi, dan perubahan gaya hidup yang dialami oleh penduduk di negara berkembang merupakan factor-faktor yang berkaitan dengan temuan tersebut. Naiknya taraf hidup, menurut laporan itu, mempengaruhi pola makan dan pola hidup dan mendorong mereka untuk mengkonsumsi makanan tinggi kalori namun rendah vitamin.

Lantas bagaimana cara atau tips mencegah obesitas, berikut beberapa hal yang dapat anda lakukan.

  • Aturlah Pola Makan dengan Asupan Gizi Seimbang. Pilih jenis makanan yang sehat yang mengandung gizi seimbang. Kenali kebutuhan tubuh dan variasikan menu makanan dengan kebutuhan anda dengan memperbanyak konsumsi sayuran dan buah berserat tinggi, Hindari makanan yang banyak mengandung minyak dan lemak, hindari juga kebiasaan ngemil.
  • Lakukan Olah Raga atau Perbanyak Aktivitas Fisik. Olah raga ringan, seperti jogging ataupun jalan-jalan sangatbaik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Begitu juga dengan berkendara sepeda saat ke kantor atau melakukan aktivitas fisik di sela bekerja cukup baik untuk membantu memperlancar peredaran darah. Menyeimbangkan asupan makanan dengan aktivitas fisik juga merupakan atau tips mencegah obesitas karena dapat menghambat terjadinya penimbunan lemak.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

One comment

  1. berapa lama waktu yang dibutuhkan agar simpanan lemak dalam tubuh dapat terbakar? soalnya saya setiap hari ke kampus jalan kaki tetapi berat badan saya tetap saja gemuk….satu hal lagi, jika saya obesitas bolehkan banyak mengkonsumsi sumber karbohidrat? apakah banyak mengkonsumsi karbohidrat dapat meningkatkan simpanan lemak dalam tubuh?

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...