Kesehatan / Pola Hidup / Gaya Hidup Sehat Itu Sederhana

Gaya Hidup Sehat Itu Sederhana

Siang sobat-sobat blogekstra.com,.. 8-)

Disaat panas terik matahari ini tepatnya penulis yang berada di kota Bandung sedang melamun sambil memikirkan hidup, kkkkk gaya bener yak.. Ok deh langsung aja penulis pada kesempatan kali akan berbagi cerita mengenai gaya hidup sehat dengan cara yang sederhana, simple dan bahkan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya seperti para artis-artis yang mampu mengeluarkan jutaan bahkan puluhan juta hanya untuk sehat.

Pada dasarnya manusia itu adalah makhluk yang paling sempurna diantara makhluk Tuhan lainnya. Singkat cerita tentang manusia, setiap tubuh manusia itu memiliki sel-sel yang unik dan berbeda-beda, dan telah dilengkapi dengan anti-anti bakteri dan imun yang kuat, tergantung kita sebagai manusia menjada dan merawat sel-sel tersebut agar berfungsi dengan baik.

Adapun cara untuk merawat sel-sel tersebut agar berfungsi dengan baik antara lain memberinya asupan dan fungsi yang seimbang, sebagai contoh melakukan pola hidup yang sehat. Dan pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan salah satu contoh manusia yang menurut penulis memiliki pola hidup yang sehat yaitu Rasulullah SAW,.

Yupz,. kenapa penulis memilih Rasulullah SAW ? karena menurut catatan sejarah Islam, Rasulullah SAW semasa hidupnya hanya mengalami sakit sebanyak 2 (dua) kali, namun penyebab Rasulullah SAW sakit penulis tidak akan bahas disini, yang jelas ketika manusia hidup di daerah tandus dan gurun sudah tentu jika hanya mengalami sakit dua kali bertanda manusia tersebut memiliki pola hidup yang sehat dengan cara bagaimana?? mari kita kupas sedikit-sedikit rahasia Rasulullah SAW tersebut meskipun mungkin tidak semuanya penulis benar (mohon dikoreksi) ;

1. Rasulullah SAW sangat memperhatikan kesehatan dengan cara selektif dalam memilih makanan, tidak pernah Rasulullah SAW memakan makanan yang tidak halal dan baik,

2. Rasulullah SAW selalu makan ketika sedang lapar dan berhenti sebelum kenyang,

3. Makan pelan-pelan, dengan tenang dan tidak tergesa-gesa (menurut ahli gizi makanan yang lama dikunyah semakin baik),

4. Tidak tidur larut malam dan bangun sepertiga malam, kalo waktu dikita kurang lebih abis Isya dan bangun sebelum adzan subuh (tidak lebih dari 8 jam dan tidak kurang dari 7 jam),

5. Sebelum tidur usahakan gosok gigi dan sesudah bangun tidur juga melakukan hal yang sama,

6. Ketika tidur posisi badang miring ke ke kiri sebentar dan kemudian lanjut miring ke kanan, karena organ-organ penting di dalam tubuh kita akan terjaga dengan baik.

7. Dan yang tak kalah pentingnya ialah rajin melakukan ibadah shaum, karena ada saatnya tubuh kita (terutama organ pencernaan) mendapatkan istirahat dalam waktu yang cukup.

Kurang lebih seperti itulah pola hidup Rasulullah SAW dan penulis sendiri sudah melakukan hal tersebut meskipun belum sama benar, adapun hal-hal yang penulis lakukan setiap hari ialah setiap bangun tidur selalu minum air putih yang biasa dengan ditambahkan satu sendok madu. Hal tersebut sudah penulis lakukan selama kurang lebih 3 (tiga) tahun ini dan Alhamdulillah hingga saat ini penulis belum mengalami sakit yang begitu parah kecuali flu ketika musim hujan.

Semoga ulasan penulis kali ini bisa bermanfaat untuk kita semua khususnya untuk penulis sendiri, apabila ada kata-kata atau penulisan yang salah, penulis mohon maaf karena manusia tempat salah dan lupa dan mohon dikoreksi untuk kebaikan kita bersama,.

 

 

 

Penulis: Julia Amsa

Foto Profil dari Julia Amsa

One comment

  1. ok gan. Keren tuh infonya. Saya menemukan website baru yang menjual softlens x2 & acuvue dengan harga terjangkau dan gratis ongkos kirim
    Ayo cek Softlens Online

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...