Kesehatan / Ibu dan Anak / Jangan Sia-Siakan ASI 1-2 Hari Setelah Melahirkan

Jangan Sia-Siakan ASI 1-2 Hari Setelah Melahirkan

Bagi kaum wanita yang sedang hamil atau mengandung, untuk semua calon ibu dan atau calon ayah, sebaiknya mengetahui informasi sangat penting mengenai manfaat pemberian ASI pada bayi dalam masa 1-2 hari setelah kelahiran bayi. Di masa inilah (24-36 jam setelah melahirkan) diproduksi cairan pra susu oleh kelenjar susu yang mempunyai warna kekuningan dan kental yang biasa disebut kolostrum sebelum akhirnya diproduksi asi sesungguhnya.

Pada jaman dahulu ada mitos yang salah mengenai kolostrum yang katanya tidak baik bagi bayi sehingga harus dibuang, tetapi secara ilmiah di masa sekarang terbukti malah sebaliknya.

Kolostrum memiliki banyak manfaat karena mengandung karbohidrat (kalori), protein, lemak, vitamin dan mineral. Pada satu sendok teh saja kandungan nutrisinya setara dengan nilai gizi dalam kurang lebih 30 cc susu formula.  Kolostrum juga mengandung antibodi yang dapat menangkal penyakit. Antibodi ini ternyata seratus kali lebih kuat jika dibandingkan dengan susu sapi dan berperan besar dalam proses pembentukan imunitas bayi terhadap penyakit.

Berikut adalah beberapa fungsi utama kolostrum untuk bayi :

  1. Sumber asupan kalori yang cukup baik dan mudah diserap karena susunannya mirip dengan asupan bayi saat dalam rahim.
  2. Mengurangi kadar bilirubin penyebab bayi menjadi kuning (jaundice).
  3. Mempermudah pengeluaran mekonium (kotoran pertama bayi yang berwarna hitam kehijauan)
  4. Meghindari timbulnya reaksi alergi.
  5. Memberi kekebalan tubuh/antibodi pada bayi terhadap penyakit.

Sesungguhnya banyak sekali manfaat kolostrum untuk bayi, sebagai asupan nutrisi, perkembangan dan pertumbuhan bayi, namun yang paling penting diantara semua manfaat yang tak tergantikan adalah sebagai pemberi kekebalan tubuh bagi si bayi. Kolostrum memiliki kandungan sel darah putih yang tinggi sebagai proteksi terhadap bakteri dan virus, Lactoferin, Lactabulmin, Imunoglobulin, Glicoprotein, Cytokines yang sangat berperan dalam pertahanan tubuh bayi terhadap penyakit.

Sudah tau kan manfaatnya, maka jangan pernah sia-siakan tetes demi tetes kolostrum yang dihasilkan untuk diberikan kepada bayi agar bayi dapat terpenuhi nutrisinya, dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dan memiliki tubuh yang sehat karena kekebalan tubuhnya juga baik.

Penulis: faidahanna

Foto Profil dari faidahanna

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...