Kesehatan / Informasi / Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Dari Lensa Kontak

Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Dari Lensa Kontak

yang harus diperhatikan dari lensa kontakLensa kontak memang mampu mendongkrak penampilan terutama bagi kaum wanita karena selain mampu meningkatkan daya penglihatan, lensa kontak juga tersedia dalam berbagai variasi sehingga menambah daya tarik bagi penggunanya. Bahkan saat ini mudah dijumpai lensa kontak yang memang khusus sebagai pendukung penampilan, seperti lensa kontak berwarna-warni ataupun lensa kontak yang mempunyai pola atau gambar didalamnya. Meksipun begitu, ternyata pengguna lensa kontak harus berhati-hati karena ada beberapa hal yang harus diperhatikan dari lensa kontak itu sendiri, seperti cara penyimpanan, pemasangan, dan waktu pemakaian.

Hal-hal tersebut harus benar-benar dipahami oleh pengguna lensa kontak karena lensa kontak adalah benda buatan manusia, artinya berbeda dengan kacamata yang tidak bersinggungan langsung dengan lensa mata, lensa kontak langsung bersentuhan dengan mata yang tentu saja akan mengakibatkan efek samping jika tidak memperhatikan petunjuk penggunaan. Selain beberapa hal di atas, beberapa hal yang harus diperhatikan dari lensa kontak bisa dilihat di bawah ini:

  1. Lensa Kontak Tidak Aman: Ketika benda asing bersinggungan secara langsung dengan organ tubuh, hal itu akan membuat organ tersebut melakukan penyesuaian dengan benda tersebut. Begitu juga ketika seorang pengguna memasang lensa kontak untuk pertama kalinya, mata akan melakukan penyesuaian dan hal ini akan membuat mata harus kembali menyesuaikan ketika lensa kontak tidak dipakai dalam jangka waktu yang lama.
  2. Membutuhkan Waktu Adaptasi yang Cukup Lama: Proses adaptasi terhadap lensa kontak biasanya terjadi dari mereka yang merupakan pengguna awal atau pengguna pemula dimana mereka harus mempelajari berbagai hal terkait lensa kontak tersebut, meliputi mempelajari cara penyimpanan, pemakaian, sampai pada proses adaptasi mata terhadap lensa kontak itu sendiri.
  3. Menyebabkan Mata Kekurangan Oksigen: Memakai lensa kontak artinya menutupi lensa mata, dengan kata lain hal itu akan menyebabkan mata mudah kekurangan oksigen karena tertutup lensa kontak. Kekurangan oksigen pada mata bisa menyebabkan efek samping seperti timbulnya noda pada kornea mata atau kornea edema.
  4. Membutuhkan Perawatan Ekstra: Lensa kontak merupakan benda yang selalu bersinggungan dengan organ tubuh secara langsung, maka apabila lensa kontak tidak steril atau tidak bersih hal itu malah akan mengakibatkan efek yang tidak baik bagi mata. Maka lensa kontak harus membutuhkan perawatan yang lebih daripada kacamata, seperti yang biasanya dilakukan adalah menyimpan lensa kontak pada kotak penyimpanan yang steril dari kuman.
  5. Lensa Kontak Mudah Hilang: Jika tidak teliti, lensa kontak mudah sekali hilang atau terselip karena ukurannya yang memang kecil dan transparan.
  6. Harganya Relatif Mahal: Dengan waktu pemakaian yang singkat – direkomendasikan jangan melebihi 8 jam sehari – yaitu sekitar dua minggu sampai satu bulan, harga lensa kontak lebih mahal daripada kacamata.

Efek yang paling terlihat dari penggunaan lensa kontak yang tidak mengikuti aturan pakai, biasanya akan menyebabkan mata memerah sebagai tanda awal munculnya berbagai infeksi yang akan muncul di kemudian hari. Maka jika ingin memakai lensa kontak, lebih baik mencermati beberapa hal yang harus diperhatikan dari lensa kontak tersebut, kemudian ambil keputusan secara bijak.

Penulis: Sidiq Firmanto

Foto Profil dari Sidiq Firmanto

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...