Kesehatan / Ibu dan Anak / 4 Tips Mudah Atasi Mual dan Muntah Saat Hamil

4 Tips Mudah Atasi Mual dan Muntah Saat Hamil

Timbulnya rasa mual hingga muntah saat hamil merupakan sebuah problematika umum yang seringkali dialami oleh para ibu saat sedang berbadan dua. Bahkan secara garis besar peristiwa ini cukup lumrah terjadi disaat kehamilan masih seumur jagung (muda) yakni selama kurang lebih 3 bulan awal pertama kehamilan.

Tips Atasi Mual Saat Hamil

Faktor munculnya rasa mual dan muntah ini, terjadi akibat adanya beberapa dorongan yang didasari dari kehamilan itu sendiri. Salah satu pemicunya yakni, makin meningkatnya kinerja hormon tiroksin dan hormon estrogen. Sehingga membuat kondisi ibu hamil, seolah terdorong dengan sendirinya, hingga rasa mual dan muntah kian hampir menghiasi aktivitas kesehariannya.

Tentu saja peristiwa ini membuat para ibu hamil sedikit merasa terusik dan sedikit merasa terganggu. Meskipun, proses terjadinya rasa mual dan muntah ini terjadi tergantung tingkatannya dan berbeda-beda. Oleh sebab itu, berat ringannya keadaan mual dan muntah ini haruslah diantisipasi dengan baik. Agar kondisi kehamilan tidak berdampak buruk dan dapat mengganggu rutinitas sehar-hari.

Nah, untuk itu dibawah ini akan kami berikan 4 Tips Mudah Atasi Mual dan Muntah Saat Hamil

1.        Kurangi Konsumsi Makanan Berlebih

Kurangilah pola konsumsi makanan berlebih, sebab makan hingga melebihi kapasitas. Hal ini dapat mempermudah terjadinya rasa mual disaat kondisi tubuh anda sedang hamil. Selain itu, pilihlah makanan yang banyak mengandung protein dan karbohidrat

2.        Gunakan Jahe Secukupnya

Seperti yang kita ketahui bahwa, jahe merupakan salah satu jenis tanaman tradisional yang banyak memiliki fungsi dan kegunaan penting bagi tubuh kita. Bahkan beberapa pakar kesehatanpun banyak yang mengungkapkan bahwa, minuman jahe ataupun permen jahe dapat menghendel terjadinya rasa mual dan muntah disaat tubuh sedang hamil.

3.        Hindari Makanan Pedas

Disaat hamil muda, lebih baik hindarilah mengkonsumsi makanan pedas. Sebab hal ini, dapat mempermudah terjadinya rasa mual dan dapat menyebabkan isi perut akan terasa sakit.

4.        Istirahat Yang Cukup

Saat hamil muda, kurangi aktivitas padat dan beristirahatlah yang cukup. Sebab hal ini juga dapat mengantisipasi terjadinya mual dan muntah saat tubuh sedang hamil. Selain itu, bebaskan beban pikiran agar tidak terjadi kelalaian sikap hingga dapat menimbulkan terjadinya rasa stress.

Itulah 4 tips mudah atasi mual dan muntah saat hamil. Mudah-mudahan ulasan di atas bermanfaat bagi kita semua, lebih-lebih para ibu atau wanita yang sedang hamil.

Penulis: doyok

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...