Kesehatan / Informasi / Inilah Manfaat Sinar Matahari Bagi Kesehatan

Inilah Manfaat Sinar Matahari Bagi Kesehatan

Manfaat sinar matahari bagi kesehatan – Di daerah tropis seperti negara kita indonesia yang hanya memiliki dua musim yakni musim hujan dan musim kemarau, kita akan merasakan sinar / cahaya matahari yang lebih banyak dibandingkan mereka yang berada di negara dimana memiliki empat musim. Namun itu adalah suatu hal yang baik, karena kita bisa lebih sering terkena sinar / cahaya matahari merupakan sumber Vitamin D yang dapat melindungi kelembapan kulit.

Namun itu tidak serta merta membuat kita diharuskan untuk selalu memanfaatkan waktu untuk berjemur dibawah cahaya matahari dengan alasan kesehatan, karena terlalu banyak berjemur dibawah sinar terik matahari, terutama disaat siang hari dapat berdampak buruk bagi kesehatan kulit kita. Bahkan untuk mencegahnya, telah diciptakan tabir surya / pelindung dari sinar matahari. Jadi waktu yang paling tepat untuk menikmati sinar matahari adalah saat pagi hari, dimana sinarnya terasa sejuk dan tidak terlalu panas. Itulah saat tepat untuk tubuh kita memanfaatkan sinar matahari yang menjadi sumber vitamin D.

Manfaat Sinar Matahari Bagi Kesehatan

Manfaat Sinar Matahari Bagi Kesehatan

Proses manfaat sinar matahari bagi kesehatan terjadi saat tubuh kita secara otomatis menerima dan merubah cahaya matahari menjadi berbagai nutrisi yang baik. Sinar matahari menjadi sumber utama untuk vitamin karena sulit ditemukan dalam makanan.

Berikut manfaat Vitamin D bagi kesehatan :

  1. Dapat membantu tubuh dalam menyimpan manfaat kalsium pada suplemen, makanan maupun tulang. Sehingga, sinar matahari sangat baik untuk pertumbuhan tulang.
  2. Meningkatkan kekebalan tubuh.
  3. Mencegah berbagai penyakit berbahaya. Menurut penelitian, Vitamin D bisa mencegah penyakit berbahaya seperti Diabetes, Alzheimer / pikun sampai kanker p4yu-d4-ra.
  4. Selain berguna untuk kesehatan fisik, sinar matahari juga dapat membuata suasana hati menjadi baik. Hal ini disebabkan oleh paparan sinar UV yang dipancarkan ternyata membuat kadar hormon serotonin meningkat. Hormon ini dapat memberi efek positif di antaranya menghilangkan rasa cemas, depresi serta ketakutan berlebihan.

Itulah beberapa manfaat sinar matahari bagi kesehatan manusia. Siapa yang menyangka, terik matahari ternyata sangat bermanfaat bagi tubuh dan tanpa disadari oleh kita. Hanya saja yang perlu diperhatikan, sinar matahari yang sehat merupakan sinar yang dipancarkan pada pagi hari antara jam 7-9.

Penulis: Hermawan

Foto Profil dari Hermawan
Hai, Saya seorang penulis junior yang sedang ingin berkembang, kritik dan saran dari anda adalah pacuan saya untuk lebih baik.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...