Kesehatan / Jantung / Menjaga Agar Tubuh Tetap Fit Melalui Jogging

Menjaga Agar Tubuh Tetap Fit Melalui Jogging

Memiliki kesibukan adalah agenda dari rutinitas kita apalagi seharian kita disibukkan dengan beraneka ragam kegiatan yang menguras energi. Kita harus segera mencari kegiatan yang bermanfaat untuk merefresh diri supaya tetap bugar kembali. Salah satunya dengan jalan santai di pagi hari. Terkadang kalau kita melihat di kota-kota besar di Indonesia, katakanlah kota Jakarta yang penuh dn sesak itu, para penghuni Jakarta tiap akhir pekan banyak sekali yang mengagendakan untuk jalan santai.

Bagi semua orang bahwa jalan santai adalah olahraga yang sangat murah meriah dan menyehatkan tubuh.Itu sudah pasti karena dengan jalan santai detak jantung kita akan bekerja untuk memompa darah, selanjutnya aliran darah kita menjadi lancar sehingga kinerja otot dan saraf berfungsi dengan baik. Olahraga tidak harus yang mahal karena esensi dari olahraga adalah bagaimana supaya tubuh kita tetap mempertahankan kekebalan tubuh yang diharapkan.

Memang seperti apa sih olahraga yang di lakukan supaya tetap murah dan terjangkau itu? Saya contohkan misalnya sewaktu bangun tidur kita menyiapkan diri untuk bangun lebih awal supaya bisa menikmati udara bersih di pagi hari, bangun misalnya pukul 05.00 WIB. Lalu kita rapikan kamar tidur kita, jangan sampai berantakan supaya selain kita sehat nilai kerapian juga ada serta membiasakan diri untuk hidup teratur.

Setelah rapi, lalu kita menyiapkan pakaian olahraga misal memakai celana training dan kaos olahraga supaya kita juga aman dalam memilih fashion olahraganya. Atasan harus kaos yang mampu menyerap keringat kita, usahakan kaos yang dipakai adalah warna cerah. Mengpa demikian? seandainya kita memakai warna gelap maka kita malah merasakan gerah yang tidak berkesudahan karena warna hitam mampu menyimpan kalor lebih tinggi sehingga bisa jadi panasnya akan dua kali lipat.Sementara, celana harus yang ringat dan longgar karena membuat kita nantinya lebih leluasa untuk berlari. Coba kalau kita memakai celana jeans apa yang terjadi dengan nasib kita? kita pun juga akan merasakan sesak dan panas karena penyerapan keringat celana jeans kurang efektif.

Begitulah bagaimana kita berolahraga secara murah dan meriah. Lari lima belas menit, kemudian jogging. Selanjutnya ditingkatkan jam larinya, bisa jadi selanjutnya lari tig puluh menit kemudian jogging. Pokoknya ada strategis khusus supaya badan kita tetap fit dan bugar. Demikianlah supaya kita tetap hidup sehat.

Penulis: BENI SAPUTRA

Foto Profil dari BENI SAPUTRA

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...