Kesehatan / Herbal / Daun Sukun dan Sejuta Manfaatnya

Daun Sukun dan Sejuta Manfaatnya

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Nah, tentu sudah pernah mendengar slogan seperti itu, bukan? Slogan yang kerap terdengar di telinga saat iklan-iklan tv tentang perlunya menjaga kebersihan ditayangkan, slogan yang dapat dibaca pada beberapa sudut di penjuru kota terutama pada institusi, lembaga atau perusahan yang bergerak di bidang kesehatan, tentu sudah bukan hal yang asing lagi.

Namun yang dibahas kali ini bukan mengenai filosofi ‘lebih baik mencegah daripada mengobati’, ada beberapa hal yang harus diketahui mengenai betapa pentingnya mencegah suatu penyakit yang menyerang tubuh dengan pencegahan lebih dini menggunakan tanaman-tanaman alami yang dinilai lebih efektif dan lebih terjamin, karena tidak mengakibatkan efek samping berbahaya bagi tubuh.

Manfaat Daun Sukun

Pernahkah Anda mendengar tentang pohon sukun? Ya, pohon yang tumbuh di dataran rendah dan hidup di iklim tropis seperti di wilayah Indonesia ini ternyata memiliki sejuta manfaat. Pohon sukun mempunyai nama ilmiah Artocarpus altilis dan masih merupakan keluarga Moraceae, yang bisa menghasilkan buah. Mungkin kita lebih banyak memanfaatkan buahnya untuk dikonsumsi, karena buah sukun tidak memiliki biji dan teksturnya yang empuk sehingga hampir mirip roti ketika digoreng. Bisa juga buah sukun dimanfaatkan untuk membuat keripik atau digoreng kering untuk menjadi camilan yang lezat. Atau kita lebih banyak memanfaatkan batang pohonnya untuk perabotan rumah tangga, seperti halnya membuat meja, kursi, pintu dan beberapa lainnya yang bermanfaat.

Oh ya, manfaat pohon sukun bukan hanya batang dan buahnya saja loh! tahukah Anda kalau daun sukun itu juga memiliki sejuta manfaat yang berguna bagi kesehatan terutama untuk obat-obatan, namun sayangnya masyarakat Indonesia kurang mengetahui manfaat mengenai kegunaan daun sukun sehingga jarang yang memanfaatkannya. Daun sukun bentuknya besar-besar dan liat. Warna di bagian atas daunnya hijau tua mengkilap sedangkan sisi bawahnya kusam, dan kasar. Bila diraba, bagian bawah daun sukun mempunyai bulu-bulu yang halus.

Daun sukun bisa dimanfaatkan pada beberapa penyakit, diantaranya:

• Daun sukun dimanfaatkan sebagai obat penyakit ginjal

• Mengobati Asam Urat

• Mengobati Sakit Jantung

• Menurunkan Kadar Kolesterol

• Menurunkan Kadar Gula Darah

• Daun sukun juga bisa dimanfaatkan sebagai anti-kanker

• Dan manfaat lain-lain

Cara untuk memanfaatkan daun sukun yang mempunyai beragam manfaat ini berbeda-beda tergantung untuk pengobatan jenis apa, namun intinya sama yaitu rutin meminum sari air yang telah direbus dengan daun sukun yang diyakini memiliki khasiat tertentu.

Di zaman sekarang, teknologi semakin maju dan lebih modern namun hal itu ternyata juga dibarengi ragam penyakit yang semakin aneh-aneh, dari penyebutan namanya hingga penyakit yang memang baru terjadi atau masih langka. Nah, kita pun juga harus cerdas menyikapi kesehatan semenjak dini caranya mencegah dengan meminum atau memakan makanan yang alami tanpa pengawet yang berlebih. (ans)

Foto Profil dari anisa alfi nur fadila

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...