Kesehatan / Informasi / Bekam, Apa Itu? – Tentang Metode Bekam dan Manfaat Bekam

Bekam, Apa Itu? – Tentang Metode Bekam dan Manfaat Bekam

Bekam, apa itu? pernahkah Anda mendengar istilah bekam, atau barangkali Anda pernah dibekam atau malah belum pernah mendengar istilah bekam selama ini? Atau barangkali Anda mengira bekam adalah sebuah makanan, sejenis peralatan, perkakas atau malah nama sebuah teknologi baru.

Bekam atau di Indonesia lebih dikenal dengan cathuk, kop, cupping dan penyebutan nama yang lain telah dikenal beberapa ribu tahun lalu. Bekam merupakan terjemahan dari hijamah, dari kata al-hajmu, sehingga hijamah atau bekam diartikan sebagai peristiwa penghisapan darah dengan alat menyerupai tabung, serta mengeluarkannya dari permukaan kulit dengan penyayatan yang kemudian ditampung di dalam sebuah gelas. Jadi, bekam adalah suatu metode pengobatan tradisional yang sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu dan berkembang ke seluruh dunia hingga saat ini.

Metode pengobatan bekam ini dari beberapa orang yang sudah merasakan khasiatnya terutama kaum muslim dinilai lebih praktis, murah dan bisa mengatasi banyak penyakit yang tidak bisa ditangani oleh kedokteran modern. Di zaman sekarang ini penggunaan obat-obat kimia untuk menyembuhkan suatu penyakit, terkadang menimbulkan efek samping yang mengerikan bahkan bisa menimbulkan banyak penyakit lain.

ss

Beberapa manfaaat dari bekam untuk menyembuhkan beberapa penyakit, diantaranya:

  • Bermanfaat mengatasi pericarditis (radang selaput jantung) dan nephritis (radang ginjal) yang parah.
  • Bisa membersihkan darah dan meningkatkan aktivitas syaraf tulang belakang
  • Bermanfaat bagi penderita asma, pneumonia, dan angina pectoris
  • Ketika terkena rematik, pegal di pinggang, dan encok. Atau mengalami berbagai macam penyakit mata dan rabun
  • Ketika mengalami gangguan rahim dan berhentinya mentruasi bagi wanita
  • Untuk mengatasi gangguan tekanan darah dan arteriosclerosis (pengapuran pembuluh darah), serta memperbaiki permeabilitas pembuluh darah
  • Bermanfaat mengatasi kemalasan, kelesuan, ngompol dan banyak tidur
  • Dan beberapa penyakit-penyakit lainnya.

Serta beberapa manfaat pengobatan bekam kering (bekam tanpa mengeluarkan darah) ini diantaranya;

  • Bermanfaat untuk penyakit-penyakit paru-paru yang kronis
  • Meringankan rasa sakit dan mengurangi penumpukan darah
  • Mengatasi masuk angin serta untuk menahan derasnya darah haid dan hidung mimisan
  • Serta beberapa manfaat lainnya.

Metode pengobatan tradisional ini atau bekam juga dianjurkan oleh Rasulullah. Sebagaimana pada sebuah hadist disebutkan bahwa kesembuhan itu terdapat pada tiga hal, yakni minum madu, sayatan alat bekam, dan ‘kay’ dengan api. Sesungguhnya aku melarang umatku dari ‘kay’. (Shohih Al-Bukhori)

Metode pengobatan bekam ini tidak boleh dilakukan sembarangan orang, ada beberapa keutamaan, waktu-waktu untuk berbekam, larangan-larangan, mengetahui dan memahami peta titik-titik saraf di tubuh, serta peralatan khusus yang digunakan untuk berbekam.

Nah, Anda sudah tahu kan apa itu bekam dan beberapa manfaatnya yang bisa menyembuhkan banyak penyakit. Dan sesungguhnya segala kesembuhan itu hanya berkat pertolongan Allah, dan hanya kepada Allah kita sebagai manusia biasa memohon pertolongan.

(Sumber: Bekam: Sunah Nabi dan Mukjizat Medis. Syihab Al-badri Yasin, penerjemah Hawin Mustadlo. Al-qowam, Solo; 2005)

Foto Profil dari anisa alfi nur fadila

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

http://cdn.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2014/11/04/6842/664xauto-awas-usia-25-tahun-ke-atas-rentan-alami-penuaan-dini-141104j.jpg

Takut Tua? Ini Dia 9 Cara Menghindari Penuaan Dini

Penuaan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Memasuki usia 30, kemampuan kulit ...